Jateng
Rabu, 15 Mei 2024 - 16:15 WIB

KPU Jateng Mutakhirkan Data Pemilih untuk Pilkada 2024

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Jateng berfoto bersama peserta Rapat Koordinasi Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih 2024 di Kantor KPU Jateng, Rabu (15/5/2024). (KPU Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024 dan Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024.

Acara yang digelar di Aula lantai ke-3 Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, ini berlangsung selama 2 hari, yakni Selasa-Rabu (14-15/5/2024). Rapat ini turut dihadiri perwakilan dari 35 KPU kabupaten/kota di Jateng yang terdiri dari anggota Divisi Perencanaan, Data dan Informasi; Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi; serta operator/admin SIDALIH.

Advertisement

Ketua KPU Jawa Tengah (Jateng), Handi Tri Ujiono, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja sama dengan baik dalam proses penyusunan Data Pemilih Pemilu 2024.

“Kinerja KPU kabupaten/kota jauh lebih baik dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya, sehingga pada Pemilu 2024 kemarin, alhamdulillah di Jawa Tengah minim sekali masalah terkait data pemilih di persengketaan hasil pemilu,” ujar Handi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Divisi (Kadiv)Data dan Informasi KPU Jateng, Paulus Widiyantoro, dan Kadiv SDM dan Litbang KPU Jateng, Mey Nurlela, memberikan arahan. Paulus menekankan pentingnya ketelitian dalam pelaksanaan data pemilih untuk Pilkada, mengingat lokus Pilkada berada di daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Advertisement

“Kerja-kerja kita lebih tersorot. Saya harap agar seluruh jajaran dapat lebih teliti dalam pengelolaan data pemilih sehingga tidak ada sengketa pemutakhiran data pemilih nanti,” kata Paulus.

Sementara itu, Mey Nurlela mengimbau agar seluruh jajaran KPU menjaga kredibilitas dan akuntabilitas sebagai penyelenggara pemilu, terutama dalam seleksi terbuka PPK dan PPS untuk Pilkada Tahun 2024.

Hari pertama rapat diisi dengan pemaparan materi terkait Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu Tahun 2024 Provinsi Jawa Tengah oleh Paulus Widiyantoro. Pada hari kedua, Anggota Bawaslu Jawa Tengah, Nur Kholiq, memberikan materi tentang evaluasi dari temuan Bawaslu dalam Pemilu 2024, pemaparan data pemilih pemilu 2024 di Jawa Tengah, serta evaluasi pelaksanaan pemutakhiran data pemilih pemilu 2024.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif