Teknologi
Sabtu, 4 Januari 2014 - 07:20 WIB

Enterprise Global Akan Kesulitan Temukan Tenaga Ahli

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA—Kalangan enterprise diperkirakan akan kesulitan menemukan sumber daya terampil di bidang teknologi informasi (TI) pada 2014.

Hal tersebut merupakan satu dari lima prediksi CA Technologies terhadap tren TI di kalangan enterprise global tahun ini. Menurut perusahaan penyedia solusi keamanan jaringan tersebut, selama ini enterprise berinvestasi besar-besaran untuk mengadopsi TI. Namun, gelontoran dana ini tidak dibarengi oleh investasi di bidang sumber
daya manusia.

Advertisement

John Michelsen, CTO CA Technologies, mengatakan 30 pekerjaan paling berkembang dalam sepuluh tahun ke depan adalah pekerjaan yang terkait dengan bidang sains, teknologi, permesinan, dan matematika. Namun, sebuah studi mengatakan pada 2018 di Amerika Serikat justru akan kekurangan 3 juta sarjana teknik.

Dia mencontohkan, untuk mengelola data besar (big data) misalnya, dibutuhkan tenaga ahli yang mampu mengolah data generasi terbaru. Bidang ini membutuhkan keterampilan khusus dan sulit menemukan spesialis yang mampu menguasainya.

“Ke depan, perusahaan yang mampu menciptakan tenaga ahli inilah yang akan menjadi pemenang,” ujar Michelsen dalam siaran pers, Jumat (3/1/2014).

Advertisement

Selain soal kelangkaan tenaga ahli, dia juga menyoroti tren penggunaan aplikasi lintas platform di kalangan enterprise. Menurutnya, aplikasi saat ini menjadi bagian penting terutama terkait tren komputasi awan. Dengan teknologi ini, aplikasi bisa dijalankan melalui layanan software as a service, platform as a service, dan infrastructure as a service.

Tren ke-3 yang diprediksi adalah akan semakin berkembangnya produk yang didedikasikan langsung kepada konsumen. Penetrasi perangkat bergerak membuat konsumen bisa merasakan langsung beragam aplikasi dari enterprise. Hal ini menurut Michelsen akan mendorong konsumen menuntut pengalaman langsung dari produk-produk yang ditawarkan.

Konsekuensi dari perilaku konsumen ini akan menuntut kecepatan dalam soal penyuguhan konten. Menurut prediksi, kecepatan menjadi tren penting selanjutnya yang akan membuat enterprise berlomba-lomba menekankan soal kecepatan ini.

Advertisement

Terakhir, CA Technologies juga menekankan pada soal keamanan jaringan. Tren komputasi awan dan perangkat bergerak akan menimbulkan konsekuensi baru pada sektor keamanan. Bagi enterprise keamanan menjadi penting karena mereka harus menyeimbangkan kelangsungan dan keamanan bisnis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif