Otomotif
Sabtu, 4 Januari 2014 - 18:46 WIB

2050, Mobil Bisa Berjalan Tanpa Sopir

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil kendali otomatis (digitaltrends.com)

Solopos.com, COLORADO — Perkembangan teknologi mendorong inovasi-inovasi menarik yang semakin terasa “mengerikan”. Sebuah pernyataan menarik dikeluarkan lembaga studi dan analisis teknologi, IHS, yang memprediksi pada 2050 akan muncul mobil yang secara otomatis dapat berjalan tanpa supir.

Dilansir Bloomberg, Sabtu (4/1/2014), IHS menyebut 2035 akan menjadi titik balik perkembangan teknologi otomotif. Diprediksi pada tahun itu akan ada 54 juta mobil dengan teknologi kendali otomatis. IHS menyebutnya autonomous.

Advertisement

Menurutnya mobil autonomous ini akan dibagi dalam tiga level berbeda, yaitu level 3, 4, dan 5. Di level 3, mobil akan memiliki kemampuan mengemudi yang masih terbatas dengan hanya membantu menyesuaikan kondisi mobil dengan permukaan jalan dan faktor keamanan lainnya. Pada level 4, mobil bisa berkendara sendiri namun masih dengan kontrol manusia. Terakhir, level 5, yang menjadikan mobil bisa mengemudi sepenuhnya dan tidak membutuhkan kontrol dari manusia.

Berdasarkan lansiran tersebut, diperkirakan jika mobil autonomous ini akan marak beredar di wilayah Amerika Utara, China, dan Eropa Barat. Mobil dengan sistem autonomous ini sendiri diklaim dapat menyuguhkan beberapa keuntungan baik dari segi keselamatan maupun dampak ke lingkungan.

“Ada beberapa manfaat dari mobil diri mengemudi ke masyarakat, pengemudi, dan pejalan kaki,” kata kepala analis IHS bidang otomotif, Egil Juliussen. “Kemacetan lalu lintas dan polusi udara per mobil juga akan menurun karena SDC (self-driving car) dapat diprogram untuk lebih efisien dalam pola mengemudi mereka.” tambahnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif