Teknologi
Jumat, 3 Januari 2014 - 04:32 WIB

RESOLUSI 2014 : Inilah Alasan Perlunya Meninggalkan Facebook

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menjauhi Facebook (opride.com)

Solopos.com, SOLO – Semakin banyak orang yang menilai bahwa Facebook merupakan jajaring sosial yang menyebalkan. Itu pasalnya, semakin banyak pula orang—utamanya insan muda usia—yang meninggalkannya.

Seperti dipantau solopos.com dari Huffingtonpost, Kamis (2/1/2014), Facebook bahkan mengakui bahwa pada bulan Oktober 2013 lalu para remaja semakin jarang menggunakan akun Facebook mereka. Jika Anda bersepakat dengan alasan-alasan meninggalkan Facebook berikut ini, mungkin Anda juga patut menjadikan langkah itu sebagai kebulatan tekad atau resolusi 2014 Anda.

Advertisement

Facebook Mencatat Setiap Pekataan Anda
Selama ini, Anda mungkin merasa senang membagikan setiap kegiatan dan pernyataan Anda kepada teman-teman. Tapi ternyata Facebook mempunyai setiap catatan rinci apapun yang Anda ketik di akun Facebook Anda. Bahkan Facebook merilis sebuah studi yang mengungkapkan, mereka ternyata melacak para penggunanya dari mulai mengetik dan kemudian menghapusnya, bahkan tanpa mereka posting.

Facebook Berdampak Negatif pada Tubuh Anda
Sebuah penelitian yang dilakukan Utah Valley University di Amerika Serikat, mengungkapkan penggunaan Facebook ternyata hanya akan membuat Anda lebih pesimistis dalam menjalani hidup. Sebanyak 400 mahasiswa yang dilibatkan sebagai responden penelitian itu umumnya mengakui bahwa menggunakan Facebook menjadikan hidup mereka tak bahagia karena terlalu sering menghabiskan waktu dengan Facebook. Mereka juga sepakat orang yang meninggalkan Facebook cenderung lebih bahagia.

Facebook Membuat Anda Terpengaruhi Iklan
Siapa yang tak tertarik jika iklan di Facebook memperlihatkan barang-barang yang kita suka? Iklan di akun Facebook Anda hanya akan membuat Anda lebih boros. Hal ini akan memicu Anda membeli barang yang tampak menarik itu, bahkan walaupun sebenarnya barang tersebut belum tentu bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Facebook Menghilangkan Privasi Anda
Beberapa orang bisa saja tak suka jika nama mereka muncul dalam daftar pencarian. Untuk itulah Facebook menggunakan pengaturan privasi yang mencegah nama mereka muncul dalam daftar pencarian. Atau jika Anda memang menginginkan seseorang tak dapat melihat profil Anda adalah dengan memblokirnya. Namun yang paling aman dan nyaman dalam menjaga privasi Anda adalah meninggalkan Facebook.

Menggunakan Facebook memang menyenangkan, tapi jika manfaatnya lebih sedikit daripada kerugiannya untuk apa kita terus bertahan pada Facebook? Apakah meninggalkan Facebook bakal anda jadikan resolusi di tahun baru ini?

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif