Jogja
Jumat, 3 Januari 2014 - 09:47 WIB

KEBARAKAN PASAR : Kebakaran Pasar Semin Disebabkan Korsleting Listrik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim dari Laboratorium Forensik Polri Cabang Semarang Jawa Tengah, sedang melakukan olah TKP, Kamis (2/1/2014). (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Semarang, Jawa Tengah menduga kebakaran hebat yang terjadi di Pasar Semin disebabkan karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Dugaan tersebut disampaikan Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi Faried Zulkarnaen. Menurut dia, Tim Labfor menemukan sejumlah kabel listrik yang tidak beraturan di bagian los tengah pasar. Bagian tersebut juga merupakan area paling parah kebakarannya.

Advertisement

“Jadi, hasil sementara dari Labfor [kebakaran disebabkan] karena arus pendek di salah satu los pasar,” kata Faried, Kamis (2/1/2014).

Faried menambahkan, sumber api pertama kali diduga dari los bagian tengah yang posisinya dekat dengan kamar mandi. Diduga karena arus pendek yang membakar kabel dan merembet sampai seluruh bagian bangunan pasar.

Adapun ledakan-ledakan yang muncul ditengah kobaran api saat kebakaran, kata Faried, berasal dari tabung gas dan barang-barang dagangan yang mudah terbakar. “Karena di dalam pasar juga ada tabung gas kayu plastic. Tapi ledakan tidak terlalu besar,” ujar Faried.

Advertisement

Tim Labfor Semarang yang berjumlah empat orang dibantu identifikasi Polres Gunungkidul menyisir seluruh bagian yang terbakar di area Pasar Semin sekitar pukul 13.00 WIB. Beberapa lempengan kecil yang terkubur dibawah puing reruntuhan pun sempat diamankan dilakukan identifikasi, seperti lampu, seng, dan lempengan untuk dianalisa di Laboratorium Forensik.

Namun demikian Labfor enggan menjelaskan hasil temuannya. “Sudah kami serahkan kepada yang punya wilayah [Polres Gunungkidul],” ucap Rini, salah satu petugas Labfor Semarang di sela-sela olah TKP.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif