Jogja
Jumat, 3 Januari 2014 - 06:20 WIB

GAS LANGKA : Harga Elpiji 12 Kg Capai Rp140.000

Redaksi Solopos.com  /  Sugeng Pranyoto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Elpiji 3 kg (Dok/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, SLEMAN– Tak hanya langka, harga gas ukuran 12 kg juga melambung tinggi. Harga gas elpiji 12 kg di tangan pengecer, per tabungnya bisa mencapai Rp140.000.

Kenaikan tersebut bisa dikatakan mencapai lebih dari 50% mengingat sebelumnya rata-rata pengecer menjual gas elpiji 12 kg seharga Rp90.000.

Advertisement

Nurhayati, salah satu pemilik pangkalan gas elpiji di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, mengatakan, sebelum kenaikan, harga gas elpiji 12 kg dia jual ke pengecer dengan harga Rp81.000. Setelah kenaikan diumumkan pada 1 Januari lalu, gas elpiji akan dijual kepada pengecer dengan harga sekitar Rp130.000.

Kenaikan tersebut rupanya juga diikuti dengan kelangkaan stok. Yatno, pengecer di Maguwoharjo, Depok, Sleman mengaku, hingga Kamis belum menjual gas elpiji karena memang belum ada pasokan. Irham, pengecer lain di daerah Maguwoharjo juga mengalami hal yang sama.

“Barangnya sulit. Biasanya dua hari sekali, jadi seminggu sekali [dikirim]. Itu pun enggak penuh. Misal kita butuh stok 20 tabung, diisinya cuma 10,” keluh Irham, Kamis (2/1/2014).

Advertisement

Irham pun sangat yakin bahwa konsumen akan lebih memilih gas elpiji tiga kg. “Bahkan ada yang membeli sama tabungnya sekalian. Kemarin saya sudah jual empat tabung,” ucap Irham.

Irham menambahkan, konsumen bersedia membeli gas elpiji tiga kg beserta tabungnya dengan harga Rp150.000.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gas Harga Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif