Jogja
Kamis, 2 Januari 2014 - 21:20 WIB

UPACARA TRADISI : Warga Wonokerto Gelar Sedekah Rebo Wekasan

Redaksi Solopos.com  /  Yudi Kusdiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN : Upacara adat Pager Bumi Sedekah Sapar Rebo Wekasan akan digelar masyarakat Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman, Minggu (5/1/2014).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, AA Ayu Laksmidewi menjelaskan, upacara adat tersebut merupakan yang keenam kalinya. Dalam event itu digelar pula berbagai kegiatan pendukung yang diharapkan dapat meningkatkan citra Pulesari sebagai desa wisata yang tergolong baru.

Advertisement

“Serangkaian kegiatan pendukung dalam rangka upacara adat Pager Bumi itu sudah dilaksanakan sejak hari Minggu 29 Desember 2013 lalu,” terang dia di kantornya, Kamis (2/1/2014).

Ia menambahkan puncak acara pada Minggu (5/1/2014) berupa prosesi kirab budaya yang melibatkan bregada prajurit dan masyarakat setempat dari berbagai kalangan. Sebelum dilaksanakan puncak acara, pagi harinya mulai pukul 10.00 WIB dilaksanakan pertunjukan kesenian jathilan.

Ia berharap upacara adat Pager Bumi itu dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi dusun Pulesari yang sudah setahun menjadi desa wisata. “Agar dapat bersaing secara positif dengan desa wisata yang lain,” imbuh dia.

Advertisement

Ayu juga mengimbau kepada pengelola desa wisata tersebut, bahwa kunci keberhasilan sebuah desa wisata terletak pada semangat dan kreativitas SDM pengelolanya dalam memberdayakan potensi lokal.

Adapun agenda untuk mendukung kegiatan itu yakni pameran seni yang didukung oleh komunitas mahasiswa ISI Jogja, lomba melukis tingkat SD, Badui Satria Tama, macapatan, senam massal, pertunjukan angklung dan pertunjukan Dayakan Siswo Kawedar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif