Soloraya
Kamis, 2 Januari 2014 - 16:27 WIB

KELANGKAAN ELPIJI : Elpiji Tabung 3 Kg Makin Diburu

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tabung Elpiji 3 Kg (JIBI/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI—Permintaan gas elpiji 3 kg semakin meningkat seiring dengan kenaikan harga gas elpiji 12 kg dari harga Rp80.000/tabung menjadi senilai Rp130.000/tabung per Januari 2014.

Salah satu pemilik pangkalan elpiji 3 kg di daerah Wonoboyo, Wonogiri, Yuni, 33, saat ditemui solopos.com di tokonya, Kamis (2/1/2014), mengatakan pasokan elpiji 3 kg yang baru diterimanya sebanyak 40 tabung habis dalam sehari. Selama ini, ia merasakan peningkatan konsumen pengguna elpiji 3 kg semakin tinggi dan banyak para pengguna elpiji 12 kg beralih ke 3 kg.

Advertisement

“Saya heran, dalam sehari pasokan dari pusat untuk stok dua hari sebanyak 40 tabung langsung habis dalam sehari,” jelasnya.
Ia mengkhawatirkan jika banyak para pengguna gas 12 kg banyak yang pindah ke 3 kg, terutama pada pengusaha makanan yang banyak beralih ke 3 kg. hal tersebut tentu dapat memengaruhi kelangkaan elpiji. selain itu, jumlah setoran gas per dua hari juga semakin menurun. Biasanya disetor  40 tabung, namun belakangan ini menurun hanya disetori 30 kg.

“Kalau tabung gas kosong saya sudah ada sekitar 80 tabung. Tetapi kalau memang cuma dijatah 40 tabung mau gimana lagi, padahal permintaan elpiji 3 kg juga semakin banyak sekali,” ujarnya. Meskipun demikian, lanjutnya, belum ada peningkatan penjualan tabung gas kosong selama kenaikan pengguna gas 3 kg.

Salah seorang pengusaha bakso di Wonogiri, Bangun,30, mengatakan telah beralih ke gas elpiji 3 kg setelah adanya informasi kenaikan harga untuk gas 12 kg. Selain itu, ia juga telah membandingkan keiritan dari penggunaan gas 3 kg itu.

Advertisement

“Jelas lebih murah, sudah saya buktikan, sejak Desember lalu sudah saya ganti dengan 3 kg semua, tabung 12 kg sudah saya jual,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Elpiji 3 kilogram Hiswana Migas Surakarta, Budi Prasetyo mengatakan belum ada rencana penambahan stok gas elpiji 3 kg di Wonogiri pada 2014. Pihaknya masih menyetorkan sebanyak 13.213 tabung/harinya merata ke berbagai daerha. “Yang jelas kami pastikan wonogiri tidak akan kekurangan gas Elpiji 3 kg,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif