News
Selasa, 31 Desember 2013 - 20:15 WIB

TAHUN BARU 2014 : Tarif Sewa Vila di Puncak Naik 5 Kali Lipat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi macet kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. (JIBI/Solopos/Antara/Arif Firmansyah)

Solopos.com, CIANJUR — Satu hari menjelang malam pergantian tahun, tarif sewa vila di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat melambung hingga 5 kali lipat dibandingkan hari libur biasa. Kenaikan itu, menurut sejumlah pengelola vila, disebabkan penuhnya kamar hotel yang ada.

Fenomena itu mereka anggap lumrah karena setiap pergantian tahun tarif sewa itu memang melambung hingga berlipat-lipat. Nyatanya, kendati tarif sewa vila itu melambung, minat wisatawan menyewa vila di kawasan Puncak-Cipanas untuk merayakan malam pergantian tahun di kawasan tersebut tak surut.

Advertisement

Ujang Dedi, 34, salah seorang pengelola puluhan vila di Kampung Panagan, Desa Sukatani, Cipanas, mengungkapkan, sejak satu bulan terakhir, pihaknya telah menerima pesanan dari sejumlah pelanggan dengan harga sewa yang telah dinaikan sebelumnya. “Satu bulan sebelumnya kami memasang tarif Rp1,5 juta, untuk type vila dua kamar, satu ruang tamu, ruang keluarga dan dapur. Sedangkan untuk tiga kamar, kami pasang tarif Rp2,5 juta,” katanya, Selasa (31/12/2013).

Sedangkan harga sewa pada hari libur biasa dan libur panjang, harga sewa dua kamar Rp500.000 dan tiga kamar Rp750.000. Kenaikan harga menjelang malam Tahun Baru itu, ungkap dia, biasa dilakukan pemilik dan pengelola vila di kawasan itu karena kamar hotel yang terisi penuh.

Sementara itu, ungkap dia, harga kembali melambung satu hari menjelang pergatian tahun, tergantung kebutuhan penyewa dadakan yang selalu melimpah setiap tahunnya. Bahkan tambah dia, pihaknya terpaksa menyewa rumah warga sekitar yang biasa disewakan secara mendadak, namun harga tidak semahal vila yang khusus disewakan setiap harinya.

Advertisement

“Kalau rumah warga sudah lima rumah yang kami sewa untuk mala mini. Harganya di bawah harga sewa vila. Namun satu hari menjelang paling murah satu vila dengan dua kamar Rp1 juta rupiah,” tandasnya.

Sementara itu, Hendri pendatang asal Jakarta, mengaku puas dengan vila sewaan yang mereka tempati untuk merayakan malam pergantian tahun di kawasan Cipanas itu, meskipun harganya melambung dibandingkan hari biasa. “Menurut kami wajar karena hanya sekali setahun, sekalipun kami menyewa kamar hotel mungkin harganya sebanding, meskipun pelayanan tidak seenak di hotel,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif