Soloraya
Selasa, 31 Desember 2013 - 22:30 WIB

TAHUN BARU 2014 : Ratusan Pendaki Merapi Rayakan Pergantian Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Solopos.com, BOYOLALI– Ratusan pendaki Merapi merayakan tahun baru 2014 di gunung tersebut. Para pencinta alam berdatangan ke basecamp Barameru atau pos pendaftaran pendakian Gunung Merapi, Selasa (31/12/2013) sore.

Walaupun diguyur gerimis, mereka masih menjadikan Gunung Merapi lokasi idola dalam merayakan pergantian tahun 2012 ke 2013.

Advertisement

Koordinator Posko Barameru, Samsuri, 26, menjelaskan, sekitar 100 orang terdaftar di basecamp Barameru sejak selasa pagi hingga selasa sore sekitar pukul 17.00 WIB.

“Saat ini hanya sekitar 100 orang [terdaftar] dikarenakan sejak pagi hujan terus, ya nanti kalau cuaca bagus para pendaki pastinya terus berdatangan,” ucap dia, saat ditemui Solopos.com, di basecamp Barameru, Selasa.

Menurut Samsuri, keseluruhan jumlah pendaki pada pergantian tahun ini dapat diketahui pada pukul 22.00 WIB. Pasalnya, para pendaki akan berdatangan lebih banyak apabila nanti malam cuacanya bagus. “Namun kalau cuacanya buruk kemungkinan para pendaki yang merayakan tahun baru akan menurun daripada tahun kemarin,” ungkap dia.

Advertisement

Lebih lanjut, Samsuri mengungkapkan kebanyakan pendaki menggunakan cara tik-tok yakni mendaki naik ke puncak terus turun. Namun ada sebagian pendaki memilih camping di tempat yang strategis untuk merayakan tahun baru. Samsuri menyebutkan, kebanyakan yang camping di pos dua dan Pasar Bubrah yang berjarak 2,5 kilometer dari basecamp. Sedangkan, pos satu jarang untuk camping karena tempatnya curam. “Biasanya camping dilakukan pendaki di tempat yang strategis,” jelas dia.

Samsuri menambahkan petugas di Barameru selalu menghimbau para pendaki untuk berhati-hati. Pasalnya, kabut juga menyelimuti Merapi. “Cuaca nanti malam sulit untuk diperhitungkan,” tegasnya.

Terpisah, pendaki asal Gading, Solo, Anang, 23, mengatakan, cuaca menjelang pergantian tahun ini untuk pendakian kurang mendukung. Pasalnya, aktifitas merapi di beberapa bulan terakhir susah ditebak. “November kemarin saja tiba-tiba ada hujan abu,” papar dia.

Advertisement

Diharapkan Anang, semoga nanti malam hujan sudah berhenti. Apabila cuaca mendukung para pendaki yang menyusul kami pasti banyak yang berdatangan. “Kami selalu menantikan keindahan pergantian tahun di Merapi yang sangat mengesankan,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif