Otomotif
Selasa, 31 Desember 2013 - 18:15 WIB

MOBIL MURAH : 4 Mobil Ini Diperkirakan Ramaikan Bursa Mobil Murah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Zotye Z100 (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Munculnya kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan mendorong ekspansi besar-besaran mobil murah ke tanah air. Sejumlah merk mobil yang diproduksi di kawasan Asia diprediksi akan menjejali pasar mobil tanah air.

Gelaran IIMS 2013, September 2013 lalu telah dimeriahkan oleh salah satu mobil produksi India, Tata Nano. Mobil yang dibandrol dengan harga kurang dari 50 juta ini telah mengundang perhatian penikmat otomotif tanah air. Pasalnya dengan dukungan LCGC diprediksi saat meluncur di tanah air, mobil mungil ini akan banyak diminati karena harganya terjangkau.

Advertisement

Kebijakan LCGC sekaligus melambungkan nama Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Keduanya laku keras di tanah air. Sementara pergerakan Tata Nano belum terdeteksi, sejumlah merk telah mengantri untuk memeriahkan pasar otomotif nusantara.

Berikut redaksi Solopos.com himpun 4 merek mobil murah yang diprediksi akan meluncur ke Tanah Air.

Advertisement

Berikut redaksi Solopos.com himpun 4 merek mobil murah yang diprediksi akan meluncur ke Tanah Air.

LIHAT: Hyundai Santro Xing

Hyundai Santro Xing (istimewa)

Advertisement

LIHAT : Changan Benni Mini

Changan Benni Mini (istimewa)

2. Changan Benni Mini
Kedatangan Changan Benni Mini telah direncanakan sejak Oktober 2012. Pabrikan mobil asal China, Changan Automobile berencana akan memperkenalkan brand mobil asal China ini di lima negara ASEAN yang meliputi Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Advertisement

Benni Mini di negara asalanya dibandrol dengan harga Rp 56,1 juta.
Changan adalah perusahaan otomotif yang berpusat di kota Chongqing, China. Pabrikan ini juga memiliki berbagai jenis kendaraan. Mulai dari segmen passenger car kelas bawah, menengah, dan atas hingga commercial vehicle.

Benni Mini adalah salah satu segmen mobil Changan. Untuk mobil pengangkut penumpang, tersedia kelas hatchback dan sedan, seperti Benni, CX20, CX30, Aisvin, dan EADO. Sedangkan kelas APV dan mini truk mengisi segmen commercial vehicle di bawah nama Chana dengan Star 4500, Star 2, Honor, Star Truck, Taurustar, dan Q20.
Saat ini perusahaan otomotif asal tirai bambu ini mencoba go internasional dengan memiliki pusat riset dan cabang yang telah tersebar di Italia, Jerman, Shanghai, dan Chongqing, China. Pada tahun 2011, Changan tercatat telah memproduksi lebih dari dua juta unit kendaraan.

LIHAT : Maruli Alto

Advertisement

Suzuki Maruti (istimewa)

3. Maruti Alto 800
Mobil ini memang ditargetkan untuk keluarga dengan anggaran yang terbatas. Maruti sebetulnya mobil produksi Suzuki. Ekspansinya di India terbilang sukses besar.
Rahul Kumar Kharnokia dalam situs CarDekho.com memberi sejumlah ulasan tentang mobil ini. Dalam review disebutkan mobil ini memiliki spesifikasi dibawah standar. Hal inilah yang menjadi alasan murahnya harga Alto 800.

Keunggulan Alto 800 diklaim adalah irit bahan bakar. Mobil ini daat berlajan sejauh 22,74 km untuk pemakaian satu liter bahan bakar.
Mobil ini telah memiliki fitur dasar seperti pendingin udara (AC), power steering, dan power window. Khusus power window hanya tersemat dalam varian tertentu.

TERAKHIR : Zotye Z100

Zotye Z100 (istimewa)

4. Zotye Z100
Produsen otomotif asal China, Zotye Auto meluncurkan mobil dengan harga Rp37 jutaan bernama Zotye Z100.
China Car Times, 26 Maret 2013, Zotye Z100 telah diluncurkan di Shanghai Auto Show, bulan depan dengan harga hanya 23.800 RMB atau sekitar Rp37,1 juta saja.

Zotye Z100 berharap bisa secara berlahan menggerus pangsa pasar mobil murah di China, yang saat ini dikuasai oleh BYD F0 dan Chery QQ.
Zotye Z100 mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.0 liter yang dipadukan dengan transmisi 5-speed. Spesfikasi ini diklaim perusahaan mempuni untuk di jalanan perkotaan.
Zotye menargetkan untuk dapat menjual mobil ini di pasar dalam negeri hingga 10.000 per bulan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif