Sport
Selasa, 31 Desember 2013 - 16:16 WIB

ISL 2014 : Persepam MU Keberatan di Wilayah Timur

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Persepam Madura United. DokJIBI/Solopos/Antara


Solopos.com, JAKARTA –
Kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014 akan dibagi dalam dua wilayah. Persepam Madura United (MU), yang menempati Wilayah Timur, mengaku keberatan.

Induk organisasi sepak bola Indonesia atau PSSI telah memutuskan kompetisi tertinggi Indonesia musim depan akan diikuti 22 klub, yang dibagi ke dalam dua wilayah, dengan jadwal kickoff 1 Februari 2014.

Advertisement

Pembagian format kompetisi menjadi dua wilayah tersebut berdasarkan faktor geografis, efisiensi, dan siaran televisi. Namun menurut Persepam Madura United ada beberapa pertimbangan lainnya yang juga harus dipikirkan.

“Menurut kami pembagian wilayah untuk ISL musim kompetisi 2013 hendaknya tidak hanya melihat faktor financsal, geografis dan TV yang menjadi pertimbangan. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan,” ujar Kuncoro Mangkunegoro, Marketing and Development Madura United, seperti dikutip detikSport, Selasa (31/12).

“Yang pertama bobot pertandingan. Materi pemain masing-masing klub saat ini sudah bisa dijadikan patokan nanti waktu IIC (Inter Island Cup). Yang kedua rating TV per pertandingan musim kemarin. Kalau hampir 70-80% pertandingan nanti mendapat jatah live TV, maka bisa dipastikan klub-klub yang punya rating tinggi pasti menjadi target untuk disiarkan bagi stasiun TV yang sudah menyiarkan tahun kemarin.”

Advertisement

Alasan lain menurut Kuncoro adalah pemerataan. Menurutnya, empat klub yang berasal dari kompetisi IPL, yaitu Semen Padang, Persiba Bantul, PSM Makassar, dan Persijap Jepara, disebar ke dua wilayah.

“Selanjutnya penentuan pasangan klub. Pasti terjadi perubahan couple jika kemarin Madura United dengan Persela, Akan sangat mungkin tahun ini Madura United dengan Persebaya. Selain minim atau bahkan tidak ada gesekan di tingkat suporter, juga secara dekat jaraknya. Musim kemarin untuk rating siaran langsung TV Madura United masuk 3 besar penghitungan ratingnya. Jadi Wilayah Barat lebih pas dengan kemampuan kami,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif