Bisnis
Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:41 WIB

Kebakaran di Manahan Solo Sempat Ganggu Perjalanan 9 KA, Kini Kembali Lancar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rel kereta api. (freepik)

Solopos.com, SOLO–Perjalanan kereta api (KA) kembali lancar, Sabtu (18/5/2024), setelah sebelumnya sempat terganggu akibat adanya kebakaran rumah di dekat jalur KA, tepatnya di dekat Flyover Manahan, Solo, Jawa Tengah, kemarin malam.

Manager Humas Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan kejadian kebakaran rumah yang terjadi di dekat jalur KA, Jumat (17/52/2024) malam, berdampak pada perjalanan beberapa KA yang terlambat.

Advertisement

“KAI memohon maaf atas kejadian tersebut dan berusaha taktis dalam mengambil langkah pola operasi KA demi keselamatan perjalanan KA,” kata dia, Sabtu.

Dia menjelaskan pada Sabtu pagi semua perjalanan KA sudah berjalan lancar. “[Saat ini] lancar, hanya semalam saja,” lanjut dia kepada wartawan.

Advertisement

Dia menjelaskan pada Sabtu pagi semua perjalanan KA sudah berjalan lancar. “[Saat ini] lancar, hanya semalam saja,” lanjut dia kepada wartawan.

Krisbiyantoro menguraikan pada Jumat sekitar pukul 20.55 WIB, pihaknya telah diterima informasi dari ASP masinis KA 103A (Singasari) bahwa telah terjadi kebakaran di Km 109+5 petak jalan Solo Balapan – Purwosari sebelah kanan jalur hilir.

“Api saat itu terlalu besar dan masinis menyatakan tidak aman, maka KA 103A (Singasari) berhenti di Km 109+2,” beber dia.

Advertisement

Selanjutnya pada pukul 21.37 WIB, jalur hulu dinyatakan aman dilalui dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Kemudian pukul 21.41 WIB, jalur hilir aman dilalui dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.

Selanjutnya pada pukul 22.31 WIB jalur hilir aman dilalui dengan kecepatan normal sesuai yang diizinkan. Informasi tersebut, lanjutnya, didapatkan dari petugas KAI bagian jalan rel yang berada di lokasi kejadian.

Disebutkan, total ada 9 KA terganggu, yakni:

Advertisement

Diberitakan ssebelumnya, kebakaran hebat melanda sejumlah rumah yang berada di dekat bantaran rel kereta api, tepatnya di dekat Flyover Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/5/2024) malam.

Dalam musibah tersebut, uang tunai Rp15 juta milik warga turut ludes dilalap si jago merah. Diduga musibah tersebut dipicu oleh korsleting kompor listrik.

Salah satu warga setempat, Yunus, mengatakan sempat mendengar suara ledakan.

Advertisement

“Terdengar suara bluk, trus ada suara warga teriak tolong-tolong kebakaran. Kemudian saya naik ke atas rumah ternyata apinya membumbung tinggi,” katanya kepada Solopos.com di lokasi.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kelurahan Manahan, Bagus Bahtiar, mengatakan kejadian ini tidak memakan korban jiwa.

“Alhamdulillah semua aman, termasuk balita tadi sudah digendong ibunya dan dibawa ke kelurahan,” katanya

Menurutnya, pemicu kebakaran disebabkan oleh konsleting kompor listrik milik Warung Bu Parti yang berada di tengah-tengah permukiman. Dan kemudian apinya merembet ke kanan kirinya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif