Jogja
Senin, 30 Desember 2013 - 17:56 WIB

Padi Diserang Burung pipit, Petani Panen Lebih Awal

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO – Ancaman serangan burung pipit membuat sejumlah petani di Kecamatan Nanggulan harus memanen padi beberapa hari lebih awal dari jadwal panen.

Petani khawatir hasil panen semakin menurun karena butir-butir padi menjadi santapan burung pipit.

Advertisement

Sutinah, 45, petani asal Desa Donomulyo, mengungkapkan, umur padinya kurang sepekan untuk bisa genap tiga bulan. Tapi menurut dia, padi dengan umur tersebut sudah cukup masak untuk dipanen.

“Jika kami tidak segera memanen ya jelas hasilnya berkurang. Ini saja sudah banyak butir-butir padinya sudah banyak yang dimakan,” ujarnya saat ditemui Harianjogja.com, Minggu (29/12/2013).

Menurut dia, burung pipit datang setiap pagi dan sore hari. Namun pada siang hari burung juga kerap muncul tapi jumlahnya masih banyak dibanding saat pagi atau sore.

Advertisement

Upaya petani setempat memasang lembaran plastik yang dikaitkan pada patok juga sia-sia.

“Setiap pagi sebelum kami ada di sawah, burung-burung itu sudah datang duluan,” tandasnya.

Petani lain, Paiman, 47, mengaku burung pipit membuat produktivitas padinya tidak bisa maksimal.

Advertisement

Dia menceritakan, beberapa waktu lalu bahkan tangkai padinya tidak ada butir-butir gabahnya sama sekali lantaran habis dimakan burung.

“Makanya kami panen lebih awal saja daripada hasilnya terus menyusut,” tandasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono mengungkapkan hasil pertanian di musim tanam ketiga ini sedikit mengalami penurunan. Penurunan terjadi karena pada awal masa tanam saja serangan wereng menimpa sejumlah areal pertanian di Kulonprogo.

Menurut dia, jika pada musim tanam ketiga periode 2012 lalu produktivitas rata-rata padi mencapai 8,6 ton per hektar, kini tinggal 7,6 ton per hektar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif