Lifestyle
Kamis, 26 Desember 2013 - 21:30 WIB

REPRODUKSI PRIA : 4 Jenis Minuman Ini Pengaruhi Kesuburan Kaum Adam

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA—Suka mengonsumsi kopi, alkohol bahkan minuman bersoda? Bagi kaum pria wajib waspada ya. Minuman yang dikonsumsi tak jarang akhirnya mempengaruhi reproduksi pria.

Beberapa jenis minuman mempengaruhi kesehatan reproduksi dan bahkan berisiko memicu infertilitas alias kemandulan. Jika pasangan suami-istri menginginkan mendapatkan momongan, ada baiknya para suami mewaspadai beberapa jenis minuman tersebut.

Advertisement

Lama Boldsky, Kamis (26/12/2013), menuliskan alkohol menjadi penjahat utama perusak kesehatan reproduksi pria. Selain alkohol minuman apa saja yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan reproduksi pria?

LIHAT: Waspadai Kopi

Advertisement

LIHAT: Waspadai Kopi

Kopi

Anda harus berhenti meminum kopi. Tetapi jika konsumsi kafein harian Anda lebih dari 200 miligram, Anda harus menguranginya. Mengonsumsi terlalu banyak kafein terkait dengan berbagai masalah kesuburan.

Advertisement

Minuman berkafein juga merupakan minuman yang mempengaruhi sistem reproduksi pria, tetapi masih banyak pria yang kecanduan kopi dan minuman berkafein lainnya. Padahal, minuman-minuman itu berpengaruh buruk jika dikonsumsi melebihi batas.

Jumlah maksimum asupan kafein harian orang dewasa adalah 300 mg per hari. Semakin rendah asupan kafein harian, semakin baik tingkat kesehatan dan kesuburan Anda.

LIHAT : Alkohol dan Kualitas Sperma

Advertisement

Minuman Alkohol
Anda harus menghindari pesta minum gila-gilaan jika masih ingin memiliki momongan. Jika terpaksa hadir karena undangan teman, usahakan untuk minum air putih ketika di pesta. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras membuat Anda lebih sulit memiliki keturunan. Penyebabnya karena tidak hanya kualitas sperma saja yang menurun, tetapi juga libido.

Konsumsi alkohol berlebih berhubungan dengan level testoteron, kualitas, dan kuantitas sperma yang lebih rendah. Alkohol yang berlebih juga dapat mengurangi libido dan menyebabkan impoten sehingga pria yang merupakan peminum alkohol kelas berat biasanya akan kesulitan memiliki buah hati.

Advertisement

Mengapa alkohol membuat kesuburan pria menurun? Penyebabnya karena alkohol membuat tubuh mengalami dehidrasi dengan sangat cepat sehingga mempengaruhi kualitas sperma. Alkohol juga merusak banyak organ dan jaringan internal sebagai akibat dehidrasi berlebih.

Minuman dopping seperti vodka, gin, dan rum putih juga merupakan minuman yang dapat merusak kesuburan pria. Anda tentu harus menghindarinya jika masih ingin memiliki momongan. Menurut pakar, anggur seharusnya dikonsumsi satu gelas sesekali saja karena bila berlebih dapat membahayakan kesehatan.

LIHAT : Minuman Berenergi dan Bersoda

Minuman Berenergi dan Minuman Bersoda
Minuman berenergi mengandung kafein dan digadang mampu meningkatkan energi. Meski ditengarai menyebabkan berbagai efek buruk saat dikonsumsi berlebihan, tidak ada hubungan langsung antara minuman berenergi dan minuman bersoda dengan kerusakan organ reproduksi.

Minuman bersoda memiliki efek buruk bagi organ pencernaan dan bisa menyebabkan konstipasi alias sembelit. Seperti diketahui, masalah konstipasi berpengaruh pada kualitas darah. Demikian pula minuman pembangkit energi yang tinggi kafein.

Minuman tersebut dapat mengakibatkan over dosis kafein dan berbagai komplikasi lain yang menyertainya. Para pria perlu mengurangi minuman beralkohol maupun minuman bersoda agar tetap bugar dan sehat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif