News
Kamis, 26 Desember 2013 - 17:30 WIB

NATAL 2013 : 6 Penjelajah Luar Angkasa Rayakan Natal Jauh dari Bumi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - International Space Station (nasa.gov)

Solopos.com, JAKARTA — Enam penjelajah luar angkasa yang menjadi awak International Space Station (ISS) atau Stasiun Ruang Angkasa Internasional terpaksa jauh dari rumah—lebih tepatnya jauh dari Planet Bumi—saat Natal tiba, Rabu (25/12/2013). Kondisi itu tak membuat 6 orang itu tak bisa merayakan Natal.

Keenam penjelajah luar angkasa yang tergabung dalam misi Expedition 38 itu terdiri atas 2 astronaut Amerika Serikat (AS), 3 kosmonaut Rusia, dan seorang astronaut Jepang. “Hey teman, Selamat Natal!” tulis astronaut NASA Rick Mastracchio dalam akun Twitter-nya, Minggu (22/12/2013)lalu.

Advertisement

Dia pun berjanji untuk menulis pesan lebih banyak lagi setelah tuntas mengganti pompa sistem pendingin. Dia dan astronaut NASA lainnya, Mike Hopkins, menyelesaikan tugas itu Selasa (14/12/2013) lalu.

Kepada Space.com belum lama ini, Mastracchio mengaku menantikan Natal di ruang angkasa, dan akan mengontak istri, keluarga dan teman-temanya pada Hari Natal. “Pertama sekali, kami memiliki konektivitas yang baik dengan keluarga kami di rumah,” kata Mastracchio saat wawancara 13 Desember itu.

“Kami punya satu telepon ber-IP (Internet protocol) dan landasan untuk konferensi video bersama keluarga kami pada hari libur.”

Advertisement

Mastracchio dan awak-awak yang lain sedianya melewatkan libur Natal di kapal kargo swasta Cygnus yang menurut jadwal mestinya diluncurkan pertengahan Desember lalu, namun peluncuran itu diundur awal Januari nanti karena tidak berfungsinya sistem pendingin. Juru bicara NASA Josh Byerly mengungkapkan awak ruang angkasa hari ini memang libur, namun Misi Pengendali di Bumi menyiadakan awak yang mendukung kegiatan para astronaut di ruang angkasa.

Kebiasaan merayakan Natal di ruang angkasa sudah lama dilakukan. Para astronaut Apollo 8 merayakan Natal di Bulan pada 1968, lalu para astronaut Skylab membuat pohon Natal yang dibawa dari Bumi pada 1973, sedangkan pada 2000 para astronaut dan kosmonaut merayakan Natal di ISS.

Mastracchio dan Hopkins berjalan di ruang angkasa pada 21 dan 24 Desember untuk memperbaiki pompa pendingin itu, sedangkan pada 27 Desember nanti giliran dua kosmonaut Rusia Oleg Kotov dan Sergey Ryazanskiy yang berjalan di ruang angkasa untuk memasang kamera eksperimental di bagian luar ISS, demikian space.com.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif