Otomotif
Kamis, 26 Desember 2013 - 09:02 WIB

Arab Saudi Recall 400.000 Mobil Toyota

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, RIYADH--Arab Saudi mengumumkan penarikan kembali (recall) lebih dari 400.000 mobil Toyota akibat dugaan masalah akselerasi yang tidak diinginkan, menurut pernyataan dari kementerian kerajaan bidang perdagangan dan perindustrian setempat.

Pengumuman yang disampaikan pada Rabu tersebut menyebutkan, kendaraan yang ditarik kembali akan dilengkapi dengan sistem pengereman untuk “mengurangi resiko percepatan tiba-tiba yang tidak diinginkan tanpa bisa dihentikan atau dikendalikan.”

Advertisement

Menurut laman Japan Today, kementerian tersebut menyatakan terdapat 10 model yang diproduksi antara tahun 2005 dan 2010 yang akan ditarik dari peredaran.

Pada Oktober silam, pengadilan Amerika Serikat menyatakan Toyota tidak bisa disalahkan dalam kecelakaan fatal yang melibatkan klaim masalah akselerasi, sebuah kasus yang memicu penarikan secara global yang sangat besar dan merusak reputasi Toyota.

Ketakutan terkait isu keamanan kendaraan itu telah memicu penarikan jutaan mobil di seluruh dunia.

Advertisement

Desember tahun lalu, Toyota mengatakan setuju untuk membayar sekitar 1,1 milyar dolar AS untuk menyelesaikan gugatan yang dilayangkan oleh pemilik mobil di AS yang terpengaruh serangkaian penarikan besar-besaran dari produsen mobil asal Jepang tersebut.

Toyota sebenarnya tidak menerima kesalahan apapun, tetapi setuju untuk mengkompensasi pemilik kendaraan yang disebut-sebut sekitar 16,3 juta kendaraan, yang mengalami kecelakaan yang diduga akibat mobil Toyota yang melaju di luar kendali pada 2009.

Kesepakatan tersebut mencakup biaya pemasangaan sistem pengereman secara gratis terhadap sekitar 2,7 juta mobil.

Advertisement

Kesepakatan tersebut juga meliputi pembayaran tunai kepada pemilik yang telah menjual mobil mereka setelah dilakukannya penarikan kembali atau pemilik yang mobilnya tidak memenuhi syarat untuk pemasangan sistem pengereman tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif