Sport
Selasa, 24 Desember 2013 - 18:59 WIB

MASA DEPAN PELATIH : Petkovic Tangani Swiss Setelah Hitzfeld

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Lazio, Vladimir Petkovic JIBI/uefa.com

Solopos.com, ZURICH –Pelatih Lazio, Vladimir Petkovic, akan menggantikan posisi Ottmar Hitzfeld, sebagai manajer Swiss, setelah Piala Dunia 2014. Kepastian ini diumumkan langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Swiss, ASF, Senin (23/12/2013) waktu setempat.

“Suksesor Ottmar Hitzfeld sebagai pelatih tim nasional adalah Vladimir Petkovic. Saat ini menjadi pelatih Lazio… telah menandatangani kontrak Senin dengan Asosiasi Sepak Bola Swiss,” tulis pernyataan ASF dalam situs www.football.ch, seperti dilansir Reutes, Selasa (24/12/2013).

Advertisement

Kontrak Petkovic bersama Timnas Swiss akan dimulai pada 1 Juli 2014 hingga akhir 2015. Namun, ini akan diperpanjang jika Swiss terkualifikasi dalam Euro 2016 di Prancis.

Petkovic akan mengambil alih tugas Hitzfeld, yang membawa kemajuan pesat dalam Timnas Swiss. Salah satu bukti kinerjanya adalah mengantarkan Swiss ke putaran final Piala Dunia 2014 sebagai salah satu tim unggulan. Swiss di Brazil 2014 akan menempati Grup E, bersama Ekuador, Prancis dan Honduras.

“Saya sangat sadar, bahwa di satu sisi saya memiliki tantangan sulit yang harus dihadapi, tapi di sisi lain saya menangani tim yang benar-benar mapan dan memiliki prospek bagus,” tutur Petkovic.

Advertisement

“Ini semua lebih penting karena kami tak memiliki kesempatan bermain di pertandingan internasional [setelah saya mengamil alih tugas pelatih] sebelum memulai kualifikasi Euro.”

FIFA telah mengubah jadwal laga internasionalnya di bulan Agustus untuk musim 2014/2015. Ini berarti undian untuk kualifikasi Euro 2016 akan dimulai pada Februari nanti.

Petkovic, yang menyebut dirinya sebagai orang Swiss dan Kroasia-Bosnia, bermain sebagai gelandang di beberapa tim bekas negara Yugoslavia, sebelum beremigrasi ke Swiss pada 1987. Di Swiss, ia bermain untuk Sion, Bellinzona dan Locarno.

Advertisement

Dia juga pernah menjabat sebagai manajer Bellizonia sebelum melatih Young Boys, tim Turki, Samsunpor dan Sion. Ia lantas bergabung ke Lazio, yang berkompetisi di Seri A Italia, akhir tahun lalu, di mana ia sukses mempersembahkan gelar Piala Italia, di tahun pertamanya sebagai pelatih.

Sementara itu, Hitzfeld, yang menjadi pelatih Swiss saat ini, memiliki sederet pengalaman apik, di antaranya dengan membesut Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Bersama kedua raksasa Jerman itu, Hitzfeld sukses mempersembahkan gelar Liga Champions.

Hitzfeld cukup berjasa membangun skuat Swiss yang multi etnis, sejak resmi menanganinya pada 2008 lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif