Lifestyle
Minggu, 22 Desember 2013 - 05:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Mau Berhenti Merokok? Ini Caranya!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghentikan kebiasaan merokok (Healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Merokok merupakan kebiasaan yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis. Tapi, beberapa perokok mengaku sulit untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka.

Tidak mudah memang meninggalkan rokok yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup seorang perokok. Tapi, jika memang merokok telah terbukti dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, lalu mengapa masih bertahan hidup pada lingkaran penyakit yang ditimbulkan akibat menghisap rokok?

Advertisement

Berikut beberapa tips yang patut Anda coba untuk menghentikan kebiasaan merokok seperti dilansir Health me up, Jumat (20/12/2013):

LIHAT: Berpikir Rasional

Advertisement

LIHAT: Berpikir Rasional

Berpikir Rasional
Setiap perokok sebenarnya sudah mengetahui risiko yang ditimbulkan akibat menghisap rokok. Penyakit kronis seperti jantung, paru-paru, kanker, dan penyakit serius lainnya mengintai para perokok aktif. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah menyadari bahwa fakta tersebut adalah nyata. Perlu diketahui juga bahwa lebih dari 4 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya kerena penggunaan tembakau.

Advertisement

Bercerita Kepada Teman-Teman
Beritahu kepada teman-teman bahwa Anda telah berhenti merokok selamanya. Setelah Anda memberitahu mereka, maka Anda akan terhindar dari situasi di mana teman-teman Anda akan menghargai keputusan Anda dan menempatkan Anda sebagai seseorang yang tak merokok lagi.

LIHAT: Cari Alternatif Pengganti

Advertisement

Cari Alternatif Pengganti
Anda dapat mengalihkan kebiasaan merokok dengan mengganti pada kebiasaan lainnya seperti mencoba rokok elektronik atau permen karet. Studi terbaru mengungkapkan bahwa rokok elektronik tak akan menimbulkan bahaya kesehatan. Jika hal itu sudah berhasil Anda lakukan maka dalam beberapa bulan Anda akan lebih mudah mengurangi konsumsi rokok hingga akhirnya membebaskan diri dari belenggu nikotin.

LIHAT: Optimistis Bisa Melakukannya

Advertisement

Optimistis Bisa Melakukannya
Meskipun jumlah perokok aktif di dunia terus meningkat, banyak juga orang yang telah berhasil berhenti merokok. Jika mereka bisa melakukannya, Anda pun pasti bisa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif