News
Minggu, 22 Desember 2013 - 00:09 WIB

PURWOREJO BANJIR : Jalur Purwokerto-Jogja Putus, Kendaraan Lewat Wonosobo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, PURWOREJO – Purworejo banjir dan longsor sejak Jumat (20/12/2013) malam. Akibatnya, hingga Sabtu (21/12/2013) jalur Purwokerto ke Jogja putus. Kendaraan dari Purwokerto ke Joga maupun Solo dialihkan lewat jalur tengah yakni Wonosobo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Sabtu (21/12/2013), puluhan bus jurusan Purwokerto-Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya yang melintasi jalur selatan Jateng masih tertahan di Terminal Bus Purwokerto akibat banjir yang terjadi di Purworejo.

Advertisement

Situs Detik memberitakan jalur penghubung antara Purwokerto-Yogyakarta putus total. Bahkan penumpang bus jurusan Purwokerto-Yogyakarta harus kembali lagi ke Purwokerto akibat bus yang ditumpanginya tidak bisa melanjutkan perjalanan sesampainya di Kebumen.

“Terpaksa bus yang saya tumpangi balik lagi ke Purwokerto lagi, karena bus tidak mungkin menembus banjir,” kata salah seorang penumpang bus jurusan Purwokerto-Yogyakarta, Wulandari, 35, kepada wartawan, Sabtu (21/12/2013).

Sementara menurut Kepala Terminal Bus Purwokerto, Hadi Suharto mengatakan, bus-bus yang melayani trayek ke Yogyakarta, Solo dan Surabaya saat ini masih terparkir di Terminal Bus Purwokerto.

Advertisement

“Ini akibat banjir yang terjadi di Purworejo telah melumpuhkan jalur selatan. Sehingga bus-bus pengangkut penumpang dari Purwokerto-Yogyakarta dan sebaliknya tidak dapat beroperasi,” jelas Hadi.

Menurut dia, akibat banjir di Purworejo bus-bus yang saat ini masih berada di jalan juga belum sampai di Terminal Bus Purwokerto.

“Kami juga mendapat kabar kalau ada bus dari Yogyakarta menuju Purwokerto yang sejak Jumat jam 21.00 WIB hingga kini belum sampai di Purwokerto,” ujarnya.

Advertisement

Dia menjelaskan, pihaknya meminta kepada calon penumpang untuk tidak menggunakan bus melalui Purworejo kalau mau ke Yogya atau Solo. “Kalau mau ke Solo atau Yogya bisa melewati jalur tengah atau Wonosobo. Atau kalau tidak, calon penumpang dapat naik kereta api,” tambahnya.

Di Twitter, akun @rifkiadhis sekitar enam jam lalu menuliskan, “Yang dari arah Purwokerto mau ke Jogja/Solo lebih aman lewat jalur tengah; Wonosobo. Sebagian wilayah Kebumen banjir & macet.”

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Aron Sebastian mengatakan antrean kendaraan di perbatasan Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo yang dilanda banjir mencapai dua kilometer, Sabtu.

“Antrean dimulai dari wilayah perbatasan Kebumen-Purworejo hingga ke Pos Polisi Lantas Prembun,” kata Aron di Kebumen, Jawa Tengah sebagaimana ditulis Antara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif