Jogja
Minggu, 22 Desember 2013 - 13:50 WIB

Bupati Kulonprogo Raih LOS Award

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo kembali meraih penghargaan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) Award 2013 untuk kategori kepala daerah. Dalam katagori penghargaan itu, Hasto mengalahkan Walikota Jogja, Haryadi Suyuti dan Bupati Bantul, Sri Suryawidati. Penghargaan tersebut  merupakan prestasi kali kedua yang dicapai Hasto. Penghargaan serupa dia  dapatkan periode 2012 lalu.

Anugerah LOS Award diberikan, Sabtu (21/12/2013) pagi di Hotel Santika Premiere Jogja. Bupati diwakili Sekda Kulonprogo RM Astungkoro untuk menerima award karena dia ada agenda memimpin gelar pasukan Operasi Lilin Progo Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolres Kulonprogo.

Advertisement

Hasto menjadi yang terbaik versi LOS berdasarkan beberapa penilaian. Indikator penilaian tersebut, di antaranya, keberadaan peraturan daerah atau Raperda yang mendorong terselenggaranya etika usaha berkelanjutan, bukti kegiatan pembinaan usaha maupun penyuluhan dan kegiatan lain selama 2013. Kemudian, rencana strategis mendorong terjaganya etika usaha, bukti lain yang menunjukkan komitmen kepala daerah dan komitmen untuk mendorong dan mempromosikan produk lokal.

Selain kategori kepala daerah ada award untuk dua kategori lain, yakni katagori asosiasi pengusaha dan media.  “Ini adalah award kedua dari LOS. Kami berharap dukungan agar ke depan peran LOS bisa lebih baik,” ujar  Ketua LOS DIY, Lukman Firdaus kepada wartawan, seusai acara penyerahan penghargaan.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada  2013 ini, LOS DIY memfokuskan diri pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dia melihat  sektor ini lebih berkembang dan  lebih memiliki power sehingga memberi manfaat lebih bagi DIY.

Advertisement

Sementara itu Hasto menilai, penghargaan dari LOS merupakan sebuah ungkapan kepercayaan lembaga itu terhadap realisasi sosial investasi di Kulonprogo. Selama ini Hasto mengaku menekankan agar investor di Kulonprogo tetap mengedepankan aspek sosial terhadap masyarakat sehingga dapat membantu menekan angka kemiskinan di wilayahnya.

 

“Realisasinya adalah program bedah rumah. Program itu merupakan perwujudan komitmen para pelaku usaha swasta terhadap kepedulian terhadap masyarakat karena dana pembangunannya merupakan bantuan mereka,” papar Hasto saat ditemui di Mapolres Kulonprogo usai memimpin gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif