Teknologi
Sabtu, 21 Desember 2013 - 05:30 WIB

PSIKOLOGI ANAK : Inilah Sebab Perempuan Lebih Cepat Dewasa

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi remaja putri: Mereka lebih cepat dewasa ketimbang lelaki sepantaran. (dailymail.co.uk)

Solopos.com, NEWCASTLE – Sebagian orang tua kita sering kali mengatakan bahwa anak perempuan mestinya bersikap lebih dewasa dan mengurangi sikap kekanak-kanakan mereka dibanding lelaki seusianya. Ternyata nasihat tersebut bukan omong kosong.

Dikutip Daily Mail, Jumat (20/12/2013), peneliti dari Newcastle Univesity, Inggris mengungkapkan bahwa perempuan lazimnya jauh lebih cepat dewasa dibandingkan lelaki. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, bagian otak perempuan menjadi lebih kecil untuk menghubungkan bagian sel-sel yang tak perlu digunakan.

Advertisement

Para ilmuwan telah meneliti dengan men-scan otak pada 121 orang berusia 4 tahun hingga 40 tahun. Penelitian tersebut menghasilkan sebuah fakta bahwa otak perempuan mengalami pemangkasan atau pengurangan hal-hal yang tak perlu digunakan pada usia sekitar 10 tahun. Sedangkan untuk lelaki pengurangan ini baru dimulai pada usia sekitar 20 tahun.

Terkait pemangkasan otak itu, peneliti Marcus Kaiser, seorang dokter, mengatakan,”Ini adalah bagian dari proses belajar yang normal. Otak secara keseluruhan masih berkembang tetapi kehilangan koneksi.”

Peneliti lainnya Sol Lim mengatakan, “Hilangnya konektivitas selama perkembangan otak benar-benar membantu meningkatkan fungsi otak untuk bekerja lebih efisien.” Pemangkasan kerja otak antara perempuan dan lelaki yang berbeda inilah yang menyebabkan perempuan cenderung cepat berpikir dewasa dibandingkan dengan lelaki.”

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif