Sport
Jumat, 20 Desember 2013 - 15:45 WIB

PIALA DUNIA KLUB FIFA : Kurang Diminati di Eropa, Blatter Kecewa

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden FIFA, Sepp Blatter. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MARRAKECH – Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengaku kecewa dengan sikap negara-negara di Eropa yang tak terlalu berminat dengan gelaran Piala Dunia AntarKlub FIFA.

Kompetisi, yang mempertemukan juara-juara dari tiap benua ini dihelat sejak sepekan lalu, mulai Minggu (15/12/2013) kemarin. Namun, antusiasme yang ditimbulkan khususnya dari negara-negara di Eropa masih kurang.

Advertisement

Padahal, menurut Blatter, kompetisi ini disambut antusias tinggi dari Amerika Selatan, Asia dan Afrika. Masyarakat Eropa tampaknya lebih tertarik mengikuti persaingan panas jelang Natal di kancah liga-liga  domestik, dibanding Piala Dunia Klub.

“Saya bisa memahami, saat kami memainkan kompetisi ini pada tahun sebelumnya di Jepang atau Uni Emirate Arab, ketertarikan berkurang,” ujar Blatter pada wartawan, seperti dilansir Reuters, Jumat (20/12/2013).

“Tapi sekarang, ini berada di depan pintu Eropa dan masih tidak ada begitu banyak ketertarikan. Saya setuju bahwa kami kecewa,” imbuhnya.

Advertisement

Blatter berharap, turnamen yang kali pertamanya pada tahun ini digelar di Maroko, akan dimasukkan dalam kalender internasional. Hal itu supaya penyelenggaraannya tidak bertabrakan dengan kalender liga-liga di Eropa.

“Saya rasa seharusnya ada sedikit perhatian kepada kompetisi lain, tapi dengan liga-liga besar di Eropa, Anda harus mempertanyakan kalendernya,” imbuh Blatter.

“Mereka memiliki pertandingan tiap hari, bahkan jika mereka tak bermain di liga, ada Piala FA dan Piala Liga, setiap hari atau setiap hari lainnya adalah sepak bola.”

Advertisement

“Piala Dunia Klub belum dilindungi oleh kalender internasional seperti Piala Dunia.”

Blatter juga mengaku gembira dengan turnamen tahun ini, di mana tim tuan rumah, Raja Casablanca, melaju ke partai final. Casablanca akan menghadapi Bayern Munich di Marrakech, Minggu (22/12/2013) dini hari WIB, setelah pada semifinal mengalahkan juara Copa Libertadores, Atletico Mineiro.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif