News
Jumat, 20 Desember 2013 - 13:20 WIB

KISAH UNIK : Ups! Berkabung Mandela, India Salah Pasang Foto Morgan Freeman

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa akun Twitter di Tanah Air juga salah pasang foto Nelson Mandela yang terpasang Morgan Freeman. (Twitter)

Solopos.com, COIMBATORE –Ini kisah unik sekaligus menggelikan. Sebuah kejadian memalukan terjadi di India bagian Selatan. Berniat ikut berkabung atas kematian Nelson Mandela, papan iklan besar di kota Coimbatore malah jadi bahan tertawaan.

Alih-alih memasang foto sang Madiba, pemiliknya malah memasang foto aktor Amerika, Morgan Freeman. Dilansir Emirates247, Jumat (20/12/2013), papan yang dipasang pada 5 Desember 2013 itu hingga kini belum juga diturunkan. Dalam gambar billboard wajah Freeman terpampang besar di atas gambar kecil Martin Luther King, Mother Teresa dan Mahatma Gandhi.

Advertisement

“Kita harus bangga bahwa kita bagian dari era ketika mereka hidup,” tulis sang pemilik dalam papan tersebut.

Petugas yang dibayar untuk memasang papan tanda penghormatan atas meninggalnya tokoh dunia asal Afrika Selatan itu, Chandrashekhar mengatakan tidak bertanggung jawab. Dia menyebut perihal isi adalah tanggung jawab perancang.

“Bagaimana Anda bisa menyalahkan saya, saya hanya memasangnya. Saya rasa, Kami akan menggantinya dengan gambar Mandela yang benar,” kata pedagang tersebut kepada AFP melalui telepon dari ibukota negara Chennai.

Advertisement

Sedari awal pria yang berprofesi sebagai penjahit ini sudah sadar kalau gambar yang terpampang salah. Namun dia mengaku tidak bisa berbuat apa-apa, karena dibayar hanya untuk memasang poster itu di papan.

India menyatakan lima hari berkabung nasional untuk Mandela, yang dianggap sebagai “Gandhi sebenarnya” dan “teman baik” oleh pemimpin negara itu.

Ini bukan kali pertama gambar Nelson Mandela tertukar dengan Morgan Freeman. Pengguna Twitter di tanah air sudah terlebih dahulu heboh dengan banyaknya pengguna yang mengunggah gambar Morgan Freeman dan menyebutnya sebagai Madiba.

Advertisement

Salah seorang pengguna asal Surakarta mempostin foto Morgan Freeman dan menulis, “RIP Nelson Mandela.”

Postingan ini langsung disambar pengguna lain. “Itu kan Morgan Freeman mas, bukan Nelson Mandela,” protesnya.

Pengaruh Madiba memang tak sekuat era 1990-an. Sampai-sampai banyak yang hampir tidak mengenalkan. Data Google Trends Indonesia menyebut, bahkan, kabar meninggalnya Nelson Mandela tidak seheboh aktor Fast and Furious, Paul Walker.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif