Sport
Kamis, 19 Desember 2013 - 19:29 WIB

SEA GAMES 2013 : MALAYSIA VS INDONESIA U-23, Menangi Adu Penalti, Timnas U-23 ke Final

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ekpresi kegembiraan pesepakbola timnas Indonesia seusai mengalahkan Malaysia pada babak semifinal sepakbola SEA Games 2013 di Zeyar Thiri Sport Stadium, Nay Pyi Taw, Myanmar, Kamis (19/2/2013). Indonesia melaju ke final setelah menang dengan skor 5-4. JIBI/Solopos/Antara/Prasetyo Utomo

Solopos.com, NAY PYI TAW – Timnas Indonesia U-23 memastikan langkahnya ke babak final SEA Games 2013, setelah mengalahkan Malaysia dalam drama adu penlti yang berakhir dengan skor 5-4 (1-1).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Zeyar Thiri, Nay Pyi Taw, Myanmar, Kamis (19/12/2013) sore WIB itu, kedua tim bermain sama kuat, dalam kedudukan 1-1, selama 90 menit waktu normal.

Advertisement

Disiarkan langsung oleh SCTV, Indonesia lebih dulu unggul lewat gol Bayu Gatra di babak pertama, menit ke-30. Namun, Malaysia mampu menyamakan kedudukan lewat gol Thamil Arasyu, di menit ke-85.

Kedudukan imbang 1-1 ini membuat pertandingan harus digelar lewat babak ekstra time. Selama 2×15 perpanjangan waktu, tak ada gol tambahan tercipta. Alhasil adu tos-tosan pun digelar.

Dalam adu penalti itu, penjaga gawang Indonesia, yang juga menyandang ban kapten, Kurnia Meiga, tampil cemerlang. Dua kali tendangan awal pemain Malaysia mampu digagalkannya.

Advertisement

Sementara itu, Indonesia hanya gagal sekali menyarangkan gol, lewat bek Manahati. Namun, setelah kegagalan Manahati, skuat Indonesia tak ingin membuat kesalahan. Yohannes Pahabol, yang menjadi penendang penentu pun menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Kemenangan ini seakan menjadi revans atas Malaysia. Di ajang SEA Games sebelumnya, Indonesia kalah lewat drama adu penalti atas Malaysia di partai final.

Selain, kemenangan ini juga mengakhiri penantian Indonesia, yang tak pernah menang atas Malaysia di ajang SEA Games sejak 14 tahun terakhir. Kemenangan atas Malaysia terakhir kali diraih Indonesia pada tahun 1999. Saat itu, Indonesia menang dengan skor 6-0. Namun, setelah itu Indonesia tak pernah menang setiap kali berhadapan dengan Harimau Malaya.

Advertisement

Di babak final nanti, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara Thailand kontra Singapura, yang akan berlangsung sesaat lagi.

Susunan pemain
Malaysia (4-2-2)
Izham; Zubir, Fadhli, Shahrul, Azrif; Nasir (Faiz 66’), Nazirul, Irfan, Saarvindran (Faris 84’); Hazwan, Thamil

Indonesia (4-4-2)
Meiga; Alfin, Manahati, Syaifuddin, Diego; Bayu, Egi (Nelson 55’), Rizky Pellu, Ramdhani (Andik 77’) (Pahabol 101’); Fandi,Yandi

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif