Lifestyle
Rabu, 18 Desember 2013 - 21:20 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : 5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO – Tidur adalah aktivitas rutin yang biasanya dilakukan agar badan beristirahat setelah lelah melakukan kegiatan seharian. Tidur sejatinya kegiatan yang sederhana, namun bisa berdampak luar biasa jika kita Anda bisa mengoptimalkan prosesnya, sehingga tidur menjadi nyenyak.

Itulah pasalnya Anda harus memperhatikan bahwa saat Anda tidur, organ tubuh benar-benar beristirahat, bukan sekadar menutup mata. Langkah ini diharapkan mampu membuat tidur Anda benar-benar berkualitas.

Advertisement

Laman Huffingtonpost.com, Senin (16/12/2013), memuat ada 5 cara sederhana agar tidur menjadi lebih sehat karena kualitasnya terjamin. Berikut ulasan selengkapnya:

Atur Jadwal Sepekan

Advertisement

Atur Jadwal Sepekan

Atur jam saat Anda harus tidur dan saat Anda harus bangun, setidaknya selama sepekan. Lakukan dengan durasi yang sama setiap hari secara teratur. Tidur yang sehat minimal dilakukan selama 8 jam sehari. Jika Anda masih merasa lelah saat bangun, coba tidur lebih awal 15-30 menit keesok harinya.

Kurangi Konsumsi Kafein

Advertisement

Jaga suhu tubuh Anda saat tidur sehingga tidur Anda cukup nyenyak tanpa terganggu situasi lingkungan yang tak mendukung proses istirahat Anda. Sebagai makhluk cerdas, manusia senantiasa mampu mengatur suhu badan tersebut. Gunakan selimut tipis saat tidur agar terasa nyaman, atau kipas angin untuk menyejukkan ruangan.

 

Matikan Lampu & Singkirkan Telepon Genggam

Advertisement

Sebelum beranjak tidur, sebaiknya matikan lampu. Hal bukan hanya demi menjamin tidur Anda cukup nyenyak, tetapi juga agar hormon tubuh dapat tersekresi lebih optimal. Singkirkan juga telepon genggam dari sekitar tempat tidur Anda. Setelah satu hari penuh beraktivitas, biarkan otak beristirahat dari segala macam perangkat elektronik, terutama yang berpotensi mengganggu hak otak untuk beristirahat.
Jangan Gunakan Obat Tidur!

Kita sering mendengar banyak orang menggunakan obat tidur agar tidur menjadi nyenyak. Itu tindakan yang keliru! Obat tidur justru membuat tidur Anda menjadi tidak alami.
Obat tidur bahkan bisa membuat Anda mengalami ketergantungan, bahkan obat tidur yang salah konsumsi bisa merusak saraf. Cobalah saja bermeditasi untuk meringankan pikiran sehingga otak rileks dan tidur Anda pun bisa lebih berkualitas.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif