Teknologi
Rabu, 18 Desember 2013 - 19:40 WIB

Ini Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi geregetan dengan kinerja komputer (news.com.au)

Solopos.com, SOLO – Memiliki komputer dengan kinerja lambat memang membuat geram. Apalagi jika sedang dikejar tenggat waktu pekerjaan yang tak dapat lagi ditunda.

Anda tak perlu bingung untuk menyelesaikan masalah ini. Tak perlu juga ke tempat servis komputer untuk mengatasinya karena Anda pun ternyata bisa menanganinya. Simak cara mudah berikut seperti dilansir news.com.au, Rabu (18/12/2013), yang telah dimuat sebelumnya oleh The Independent.

Advertisement

 

Uninstall Program Tak Terpakai

Advertisement

Uninstall Program Tak Terpakai

Komputer yang Anda gunakan bisa jadi terbebani dengan program pra-install sebelumnya. Program tersebut biasanya sering tidak terpakai yang hanya akan memperlambat kinerja komputer Anda. Caranya untuk menghapusnya adalah klik Start menuju ke Control Panel lalu klik Programs and Features dan mulailah menghapus program yang tidak Anda gunakan.

 

Advertisement

Riwayat browsing sering kali tak pernah dihapus sehingga masih berada di file komputer Anda. Buanglah riwayat tersebut guna mempercepat kinerja komputer Anda. Caranya, buka My Computer, lalu pilih drive utama Anda, klik folder C dan bukalah folder Windows kemudian buka lagi folder Temp yang ada di dalamnya. Selanjutnya delete history yang telah lama, jangan lupa juga untuk mengosongkan Recyle Bin pada komputer Anda.

 

Hentikan Program Tak Terpakai

Advertisement

Ada beberapa program otomatis yang akan beroperasi setiap kali Anda menghidupkan komputer, contohnya Skype. Matikan saja program tersebut jika memang tak sering digunakan. Caranya, klik Start dan ketik, “run,” lalu ketik, “msconfig,” pada kotak yang muncul. Di bagian atas, klik Startup, muncullah semua daftar aplikasi yang sedang berjalan, selanjutnya klik disable all untuk menonaktifkan, tapi pastikan antivirus Anda tetap berjalan agar komputer Anda tertap terhindar dari virus.

 

Lakukan Defragment

Advertisement

Jangan takut untuk menjalankan defragmenter, karena pada dasarnya ini cara untuk mengoptimalkan dan mengefisiensikan hard disk Anda. Caranya, klik My Computer lalu klik kanan pada drive Anda, dan pilih Properties. Pada bagian atas tab pilih Defragment Now.

 

Disk Clean-up

Anda dapat menggunakan cara disk clean-up untuk melihat file besar yang yang diperlukan. Caranya, klik Start lalu pilih All Program dilanjutkan Accessories, System Tools, dan klik Disk Clean-up.

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif