Jogja
Rabu, 18 Desember 2013 - 14:35 WIB

Bagi Hasil Aset Tahura, Pemkab Tunggu Raperda

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja sedang membangun gardu pandang dan wahana bermain anak di lokasi Tahura, Selasa (17/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Aset Lahan Tanaman Hutan Rakyat (Tahura) seluas sekitar 600 hektare lebih di Desa Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul berpotensi menambah pemasukan daerah. Namun  kawasan perlindungan keanekaragaman hayati yang memiliki fungsi sosial dan ekonomi jangka panjang itu pengelolaannya jadi hak Pemda DIY.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sudah berkoordinasi dengan Pemda DIY agar mendapat bagian hasil dari pengembangan aset Tahura. “Pengelolaan Tahura sekarang masih dalam Rancangan Peraturan Daerah Pemda DIY. Kami sudah memberi masukan sebelumnya agar ada wahana wisata,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Syarief Armunanto, saat ditemui di kantornya, Selasa (17/12/2013).

Advertisement

Syarif menyatakan, setelah raperda pengelolaan Tahura disahkan, pihaknya akan mengajukan bagian yang bisa dikelola untuk menambah pemasukan daerah. Salah satu yang bisa digarap Pemkab, setelah disahkannya raperda tersebut, kata Syarif, Pemkab Gunungkidul akan membuat Raperda Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pariwisata.

“Soal pembagian hasil sudah kami wacanakan dari dulu. Banyak yang bisa kami garap nanti baik dari sisi retribusi wisata, lahan parkir dan lainnya,” ucap Syarif.

Di lokasi Tahura saat ini sudah mulai dibangun wahana bermain anak-anak, bangunan kavling untuk kuliner dan jajanan, jalan setapak. Rencananya akan ada fasilitas untuk atraksi gajah.

Advertisement

Ketua DPRD Gunungkidul Budi Utama mengatakan, rencana pemkab membuat Rapeda BUMD merupakan langkah yang strategis untuk meningkatkan pendapatan daerah. Lokasi Tahura berpotensi mendatangkan investor.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif