Jogja
Rabu, 18 Desember 2013 - 11:20 WIB

Ada Pohon Kelapa Kerdil di Logandeng

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Diana Ramadanti menunjukkan pohon kelapa kerdil miliknya, Senin (16/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pohon kelapa kepunyaan Diana Ramadanti di Desa Logandeng, Playen, Gunungkidul berbeda dengan pohon kelapa pada umumnya lantaran kerdil.

Pohon kelapa yang ditanam di halaman belakang rumah Diana hanya memiliki tinggi batang sekitar satu meter. Pohon itu sudah ditanam sejak 2007 lalu. Ia membawa bibit pohon kelapa itu dari Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Advertisement

“Saya menanam dari kecil sekali, setelah lima tahun tingginya hanya segitu [sekitar satu meter]. Saya heran kok sudah berbuah,” papar dia di rumahnya, Senin (16/12/2013).

Diana mengaku tidak paham soal pohon. Ia juga tidak tahu dalam usia berapa pohon kelapa sudah mulai berbuah. “Saya juga tidak tahu pohon kelapa punya saya ini unik atau tidak,” papar dia.

Salah satu pengamat tumbuhan di Gunungkidul, Edi Dwi Atmaja menuturkan tidak ada keanehan dalam pohon kelapa milik Diana. Menurut dia, pohon tersebut mengalami kekerdilan. “Sebetulnya peristiwa itu wajar tapi memang jarang terjadi. Faktor yang menyebabkan kekerdilan biasanya dari internal pohon seperti faktor genetik,” tutur dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif