News
Senin, 16 Desember 2013 - 01:20 WIB

SNMPTN 2014 : Pendaftaran SNMPTN Bisa di Kantor Pos

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi fasilitas komputer berinternet di Kantor Pos (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 dilakukan dengan basis teknologi Internet. Demi mempermudah pendaftaran dan pengisian formulir SNMPTN 2014, para calon mahasiswa bisa menggunakan fasilitas internet gratis di kantor pos yang tersebar di setiap kecamatan di Indonesia.

Informasi itu, sebagaimana dipantau Solopos.com di laman resmi pemerintah, Setkab.go,id, Minggu (15/12/2013), disampaikan Desk Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), akhir pekan lalu. Kemendikbud melalui Panitia Penyelenggara SNMPTN 2014, menurut laman itu, telah menggandeng PT Pos Indonesia untuk membantu menyediakan fasilitas perangkat komputer lengkap dengan jaringan internet bagi pada calon pendaftaran SNMPTN 2014.

Advertisement

Dengan cara itu, calon peserta yang di rumahnya tidak memiliki koneksi internet tinggal datang ke Kantor Pos terdekat. “Untuk pendaftaran, kami basisnya online. Berdasarkan catatan, PT Pos punya kantor di setiap kecamatan dan setiap kantor pos ada jaringan internetnya. Jadi [calon peserta] diberi [fasilitas] cuma-cuma untuk mendaftar,” kata Ketua SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia, usai peluncuran SNMPTN 2014 di Hotel Grand Preanger, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/12/2013).

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia, Budi Setiawan mengatakan, PT Pos Indonesia memiliki Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) yang ditempatkan di kantor pos. Setiap kantor pos memiliki 4-5 unit komputer. “Itu free. Bisa dimanfaatkan bebas, tanpa ada pungutan apapun, dan bisa dipakai para siswa maupun sekolah,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Budi mengatakan, Kantor Pos memiliki PLIK di 430 kecamatan di Indonesia bagian barat, dengan jumlah mencapai 4.000 kantor pos. Namun PLIK belum terdapat di Indonesia bagian timur sehingga PT Pos Indonesia membuka akses khusus di sana. “Sebenarnya itu close system di PT Pos. Tapi karena ada permintaan, ada salah satu loket yang akan kita dedikasikan, manfaatkan untuk pendaftaran ini (SNMPTN 2014). Karena di Indonesia timur nggak ada PLIK. Jadi ada satu PC (personal computer) yang dimanfaatkan. Sehingga nanti dari sistem akan kita buka, hanya bisa mengakses website SNMPTN 2014,” jelas Budi.

Advertisement

Menurut Budi, ada sekitar 3.400 Kantor Pos di Indonesia bagian timur. Setiap Kantor Pos tersebut nantinya akan meminjamkan satu buah PCnya untuk digunakan siswa maupun sekolah dalam pendaftaran SNMPTN 2014.

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif