Sport
Senin, 16 Desember 2013 - 21:10 WIB

SEA GAMES 2013 : INDONESIA U-23 VS MYANMAR, Hanya Menang 1-0, Timnas U-23 Sudah Pastikan Semifinal

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, YANGON – Misi Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal cabang sepak bola SEA Games 2013 Myanmar berjalan mulus. Skuat Garuda Muda, julukan Indonesia U-23, dipastikan melaju ke empat besar setelah pada laga terakhirnya di penyisihan Grup B menaklukan tim tuan rumah, Myanmar, dengan skor 1-0, di Stadion YTC Thuwanna, Yangon, Senin (16/12/2013) malam WIB.

Gol semata wayang yang menyelamatkan asa Indonesia untuk meraih medali emas kali pertamanya dalam 21 tahun terakhir itu diciptakan oleh bek kanan Alfin Tuasalamony. Eks pemain CS Vise Belgia itu menciptakan gol lewat tendangan penalti di menit ke-36.

Advertisement

Kemenangan ini membuat Indonesia meraih poin tujuh, sama dengan torehan Myanmar. Meski kalah dalam selisih gol, namun aturan SEA Games, yang menggunakan sistem head to head membuat Indonesia-lah yang berhak lolos dibanding tuan rumah.

Indonesia melaju sebagai runner up Grup B, mendampingi Thailand sebagai juara grup, yang mengemas poin delapan. Di semifinal, Indonesia akan bersua juara Grup A, yang masih diperebutkan antara Malaysia dan Vietnam dalam laga Selasa (17/12/2013) sore WIB.

Dalam laga yang disiarkan langsung SCTV itu, Indonesia yang butuh kemenangan di laga terakhir Grup B tampil ngotot.  Hal itu membuat Indonesia tampil menyerang sejak peluit kick off dibunyikan.

Advertisement

Meski demikian, Indonesia tampak kesulitan membongkar pertahanan Myanmar, yang menumpuk pemain di lini belakang. Setiap memasuki sepertiga pertahanan Myanmar, bola Indonesia selalu kandas.

Namun kebuntuan Indonesia akhirnya terpecahkan di menit ke-36. Alfin yang melakukan penetrasi harus dijatuhkan penjaga gawang Myanmar, Phyo Aung di kotak terlarang. Wasit pun menghadiahi penalti.

Alfin yang menjadi algojo pun tak menyia-nyiakan kesempatan. Sempat mengecoh pergerakan kiper Myanmar dengan berhenti sejenak, Alfin dengan dingin melepas tembakan kencang ke sisi kanan gawang Phyo Aung. Indonesia pun unggul 1-0.

Keunggulan tak membuat Indonesia menyurutkan serangan. Bahkan di penghujung babak pertama, Garuda Muda sempat membuat peluang emas lewat Fandi Eko Utomo. Sayang, tembakan Fandi masih melambung tipis dari gawang Myanmar.

Advertisement

Memasukki babak kedua, Myanmar yang tertinggal langsung melakukan rotasi pemain. Strategi ini cukup jitu bagi Myanmar untuk memberikan tekanan.

Namun, Indonesia tak tinggal diam. Garuda Muda tetap melancarkan serangan untuk menambah gol.

Tak pelak, kondisi tersebut membuat jual beli serangan terjadi. Namun, di 20 menit terakhir, serangan Indonesia mulai mengendur. Timnas U-23 hanya mengandalkan serangan balik.

Di penghujung laga, tepatnya menit ke-87, Myanmar harus bermain dengan 10 pemain, setelah Ye Lin Aung dikartu merah, karena mengasari pemain Indonesia.
Hingga perpanjangan waktu lebih enam menit, Indonesia mampu mempertahankan keunggulannya. Ekspektasi untuk meraih emas pun hidup kembali.

Advertisement

Susunan pemain

INDONESIA U-23 (4-2-3-1)

Andritany; Alfin,  Syaifuddin, Manahati, Diego; Pellu, Dedi; Bayu, Fandi Eko, Ramdani (Andik V 63’); Yandi (Egi Melgiansyah 83’)

MYANMAR (4-3-3)

Advertisement

Phyo Aung; Aung Win, Min Tun, Aung Zaw, Si Thu Aung; Htan (Thein Than Win 50’), Lin Tun (Thet Naing 70’), Zayar Win (Kyaw Ko Ko 46’); Lin Aung,  Kaung Si Thu, Min Oo

Klasemen Grup B SEA Games 2013

No        Tim      Mn       M         S          K          M-K     N

1          Thailand U-23    4          2          2          0          8-3       8

2          Indonesia U-23 4          2          1          1          3-4       7

3          Myanmar U-23 4          2          1          1          7-4       7

Advertisement

4          Timor Leste U-23           4          1          1          2          5-8       4

5          Kamboja U-23   4          0          1          3          2-7       1

Keterangan : Mn : Main, M : Menang, S : Seri, K : Kalah, M-K : Memasukan-Kemasukan, N : Nilai

*) Meski kalah produktif dari Myanmar, Indonesia tetap berhak melaju ke semifinal, karena unggul head to head

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif