News
Kamis, 16 Mei 2024 - 12:05 WIB

Ditembak Orang Tak Dikenal, Perdana Menteri Slovakia Luka Parah

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menodongkan pistol. (Freepik.com)

Solopos.com, BRATISLAVA — Perdana Menteri Slovakia Robert Fico mengalami cedera parah karena ditembak seseorang yang tak dikenal seusai menghadiri rapat pemerintah di Kota Handlova di bagian tengah negara tersebut.

Televisi setempat JOJ melaporkan bahwa Fico ditembak oleh pelaku saat dirinya keluar dari sebuah gedung untuk menemui masyarakat.

Advertisement

Meski demikian, wakil perdana menteri Slovakia, Tomas Taraba, pada Rabu (15/5/2024) menyatakan bahwa tindakan medis yang segera diterima Fico di rumah sakit berhasil menyelamatkannya dari kondisi kritis.

“Sejauh yang saya tahu, operasinya berjalan lancar, dan saya yakin pada akhirnya ia akan selamat. Nyawanya sudah tidak lagi terancam saat ini,” kata Taraba kepada BBC, dilansir Antara.

Taraba menyebut PM Fico menderita luka parah di bagian perut dan sendi karena tertembus peluru tajam.

Advertisement

“Lukanya parah — satu peluru menembus perut dan peluru kedua mengenai sendinya. Ia segera dievakuasi ke rumah sakit dan langsung dibawa ke meja operasi,” kata dia.

Kantor berita TASR menyatakan bahwa pelaku penembakan langsung ditangkap. Identitas dan motif penembakan pelaku masih diselidiki hingga saat ini.

Namun, wartawan setempat, Thomas Verniek, melaporkan kepada media Inggris SkyNews bahwa pelaku merupakan seorang mantan petugas pengamanan.

Advertisement

Presiden Slovakia Zuzana Caputova dengan tegas mengutuk penembakan tersebut dan mendoakan supaya Fico segera pulih.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Slovakia Matus Sutaj-Estok menyebut serangan tersebut merupakan “masa paling menyedihkan sepanjang 31 tahun sejarah Slovakia”.

Sutaj-Estok menegaskan bahwa serangan terhadap perdana menteri tidak hanya merupakan serangan terhadap individu, tapi juga merupakan serangan terhadap demokrasi dan institusi negara itu sendiri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif