Jogja
Senin, 16 Desember 2013 - 14:16 WIB

Kotabaru Diusulkan Jadi Kawasan Ramah Disabilitas

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepeda untuk difabel (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan Kotabaru yang memiliki sejumlah fasilitas dan akses memadai untuk mendukung aktivitas para penyandang disabilitas, diusulkan menjadi kawasan ramah disabilitas oleh Komunitas Peta Hijau.

“Sangat sulit mencari wilayah di Kota Jogja yang memiliki akses dan fasilitas memadai untuk penyandang disabilitas. Kotabaru dirasa masih cukup nyaman dan memiliki fasilitas untuk dijadikan kawasan ramah disabilitas,” kata anggota Komunitas Peta Hijau Adriani Zulivan saat melakukan pengamatan awal pemetaan kota untuk penyandang disabilitas, Minggu (15/12/2013).

Advertisement

Menurut dia, setiap sudut di wilayah Kota Jogja sudah cukup komersil untuk berbagai kepentingan lain sehingga hanya sedikit bahkan sama sekali tidak menyisipkan ruang untuk penyandang disabilitas.

“Sebelum kawasan Kotabaru ini berubah menjadi kawasan yang lebih komersil lagi, maka kami merekomendasikan agar kawasan ini dijadikan kawasan ramah bagi penyandang disabilitas,” katanya.

Ia menyebut, Kota Jogja bisa belajar dari dua desa di Kabupaten Bantul yaitu Desa Bambanglipuro dan Pandes yang telah ditetapkan sebagai desa ramah disabilitas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif