News
Minggu, 15 Desember 2013 - 11:40 WIB

15 Perusahaan Jepang akan Investasikan US$3,5 miliar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 15 perusahaan Jepang berkomitmen menanamkan modalnya ke Indonesia sebesar US$3,5 miliar dalam kurun waktu satu hingga dua tahun ke depan.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan lawatan kenegaraan selama tiga hari ke Jepang.

Advertisement

Mahendra mengemukakan rencana investasi sebesar itu diperuntukkan bagi sektor-sektor non infrastruktur seperti rencana pembangunan proyek Jakarta Mass Rapid Transit (MRT), Pelabuhan Cilamaya, Interkoneksi Jawa-Sumatra, maupun proyek Kereta Ekspres Jakarta-Surabaya via Bandung.

“Itu di luar infrastruktur. Ada yang di otomotif, ada yang di sektor hulu seperti pengolahan petrokimia, minyak dan gas, juga ada yang di pengolahan barang-barang konsumen. Rencana investasi sudah sangat konkret,” ujar Mahendra, Minggu (15/12/2013).

Di Jepang, ujar Mahendra, Presiden SBY melakukan pertemuan dengan 15 pemimpin perusahaan papan atas Jepang. Ke-15 perusahaan tersebut tergabung dalam Japan-Indonesia Association (Japinda) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda.

Advertisement

Hadir antara lain perwakilan dari Sumitomo Mitsui Banking, Toshiba, Toray Industries, Panasonic, Taisei, ITOCHU, Sumitomo Corp, Chiyoda, JGC Corp., Marubeni, Bank of Tokyo-Mitsubushi UFJ, Toyota Motor, Mitsui & Co, dan Lotte Co. Dalam pertemuan itu, lanjut Mahendra, para pengusaha Jepang menyatakan optimismenya untuk meningkatkan investasi ke Indonesia.

“Memang saat ini cara pandang investor Jepang ke Indonesia sebagai tujuan investasi sangat tinggi,” katanya.

Dia mengemukakan para pengusaha Jepang meminta pemerintah memberikan fasilitasi. Mereka juga meminta insentif pengurangan pajak (tax allowance). “Ya mereka jalan dulu. Kami tentu akan respons apabila mereka menyampaikan aplikasi untuk allowance atau insentif lain,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif