Jogja
Jumat, 13 Desember 2013 - 16:32 WIB

KEMISKINAN DI GUNUNGKIDUL : Wabup Klaim Bantuan Rp16,6 Miliar Terserap Tanpa Masalah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Bupati gunungkidul, Immawan Wahyudi (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengklaim bantuan khusus penanggulangan kemiskinan dari Pemda DIY sebesar Rp Rp16,6 miliar pada tahun ini sudah terserap dan tidak menimbulkan masalah.

Menurut Immawan bantuan yang cair pada Mei lalu itu sudah ada hasilnya di masyarakat. “Distribusi dananya selesai 100 persen pada akhir Agustus kemarin, sampai sekarang belum ditemukan adanya penyelewengan,” kata Immawan seusai menghadiri acara Desiminasi hasil monitoring bantuan khusus penanggulangan kemiskinan dari Pemda DIY di bangsal Sewokoprojo, Jumat (13/12/2013).

Advertisement

Immawan mengungkapkan, dana bantuan tersebut sebagian besar digunakan masyarakat untuk pengelolaan ternak seperti kambing dan sapi yang mencapai 70 persen. Sisanya digunakan untuk usaha tani dan dagang.

Bantuan yang diterima per Rumah Tangga Sasaran (RTS) itu sebsar Rp1 juta. Namun distribusi dananya, Immawan mewajibkan RTS untuk membentuk kelompok usaha yang beranggotakan 10-15 orang per kelompok.

Bantuan penanggulangan kemiskinan itu sejatinya untuk menurunkan angka kemiskinan di Gunungkidul minimal 2 persen dari angka kemiskinan versi Badan Pusat Statistik kemiskinan di Gunungkidul masih 22,72 persen.

Advertisement

Disinggung soal angka kemiskinan yang belum berubah, Immawan menegaskan, memang antara pemerintah kabupaten dan BPS belum ada keseragaman dalam konsep kemiskinan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif