News
Kamis, 12 Desember 2013 - 09:45 WIB

Tak Ada Penghapusan Mapel di SD

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak sekolah. (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pendidikan Kota Jogja menegaskan tidak ada penghapusan mata pelajaran untuk sekolah dasar (SD) pada tahun ajaran 2013/2014 mendatang. Semua mata pelajaran diberikan sesuai dasar hukum dan kurikulum yang berlaku.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jogja Edy Heri Suasana mengatakan tidak ada mata pelajaran yang dihapus di SD. Penyataan tersebut, untuk meluruskan informasi yang beredar bahwa mata pelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dihapus. “Seluruh mata pelajaran diberikan kepada siswa sesuai aturan dan berpedoman pada kurikulum yang berlaku,” ungkap Edy kepada harianjogja.com, Rabu (11/12/2013).

Advertisement

Mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat SD, misalnya, menurut Edy tidak ada dasar hukum dan kurikulumnya. Dengan demikian, mata pelajaran memang tidak diberikan kepada siswa SD. Begitu juga dengan mata pelajaran TIK.

“Jadi bukan dihapus. Dan semua guru, harus menguasai TIK. Kalau ada guru yang mau ikut pelatihan TIK, silakan saja. Untuk guru bahasa Inggris di SD dialihkan untuk mengajar SMP dan SMA,” ujar Edy.

Untuk mata pelajaran Penjaskes ditegaskan Edy tetap diberikan kepada para siswa SD. Bidang studi Penjaskes berbeda kedudukannya dengan Pramuka atau Unit Kesehatan Sekolah (UKS). “(Penjaskes) Tetap ada guru dan kurikulumnya. Jadi, bukan digeser menjadi kegiatan ekstrakurikuler. Jadi, sekali lagi saya luruskan informasi terkait penghapusan mapel di SD itu tidak ada,” tegas Edy.

Advertisement

Sebelumnya, mencuat kabar mulai tahun ajaran 2013/2014, mata pelajaran Bahasa Inggris, Penjaskes dan TIK dihapus dalam Kurikulum 2013. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif