Otomotif
Kamis, 12 Desember 2013 - 12:56 WIB

General Motors Tunjuk Mary Barra Sebagai CEO Pertama di Dunia Otomotif

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mary Barra (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA--CEO General Motors (GM) Dan Akerson mengumumkan akan mengundurkan diri pada bulan depan dan akan digantikan oleh seorang wanita.

Jabatan baru bagi ibu dua anak bernama Mary Barra ini, akan menjadikannya wanita pertama yang memimpin produsen mobil global.

Advertisement

Barra yang saat ini menjabat sebagai kepala produk global GM, dinobatkan sebagai pengganti Akerson dalam penunjukan bersejarah itu.

Ketika ia mulai bekerja pada pekerjaan barunya pada 15 Januari, ia akan memimpin perusahaan yang menghasilkan 20 milyar dolar AS sejak bangkit dari kebrangkutan sejak 2010, dan dia turut membantu mengembangkan sebagian besar mobil dan truk.

Seperti dilaporkan Mailonline, Barra bergabung dengan perusahaan itu pada 1980 sebagai seorang mahasiswa teknik di Kattering yang kemudian dikenal sebagai General Motors Institute.

Advertisement

Selanjutnya ia menjadi manajer pabrik, direktur eksekutif teknik dan kepala sumber daya manusia.

Sepanjang karirnya, ia mendapatkan reputasi sebagai seorang manajer yang membuat keputusan-keputusan sulit, namun tetap mampu membuat orang mengikuti kepemimpinannya dan bekerja sebagai sebuah tim, kata mantan eksekutif dan eksekutif GM saat ini.

Eksekutif berusia 51 tahun ini bertanggung jawab atas desain, teknik dan kualitas kendaraan GM.

Advertisement

Di bawah kepemimpinannya, GM meluncurkan pickup Chevrolet Silverado dan GMC Sierra serta Chevrolet Impala yang memperoleh skor sedan tertinggi dalam pengujian yang dilakukan majalah Consumer Reports.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif