Jogja
Rabu, 11 Desember 2013 - 18:02 WIB

Karangtaruna di Gunungkidul Manfaatkan Parkir Untuk Bangun Kampung

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto juru parkir anggota karangtaruna Kepek. (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Karangtaruna Dusun Kepek I, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari memanfaatkan lahan parkir di sepanjang Jalan Agus Salim untuk membangun kampung, diantaranya pengelolaan sampah mandiri, membangun pemakaman umum dan acara kepemudaan.

Ketua Karangtaruna Dusun Kepek I Atmaji Sri Pamungkas mengatakan, sengaja merangkul semua juru parkir di Jalan Agus Salim untuk kesejahteraan bersama.
Dari 20 juru parkir yang diharuskan membayar Rp10.000-15.000 per harinya digunakan untuk kas RT dan Karangtaruna. “Bersyukur dari kas itu kita sudah bisa membantu membangun pemakaman umum dan pengelolaan sampah mandiri,” kata dia, Rabu (11/12/2013)

Advertisement

Pamungkas mengkalim pungutan dari jukir bukan pungutan liar, karena jukir yang berada dibawah pengelola parkir sudah ada kesepakan untuk membayar per harinya kepada pengelola. “Kami hanya mengalihkan pemasukan untuk pengelola dialihkan ke kas Karangtaruna dan RT,” kata dia.

Dengan begitu, lanjut Pamungkas, penghasilan dari parkir tidak hanya dinikmati oleh pengelola namun semua warga Dusun Kepek I bisa ikut menikmatinya.
“Untuk dana sosial warga yang sakit dan meninggal dunia kita alokasikan sebesar Rp2,5 juta,” papar dia.

Kepala Dusun Kepek I Sukirno mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiatif Karangtaruna.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif