Jogja
Rabu, 11 Desember 2013 - 19:57 WIB

BANJIR DI GUNUNGKIDUL : Puluhan Rumah di Wonosari Terendam Air Setinggi 1 Meter

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang melanda Kabupaten Gunungkidul, Rabu (11/12/2013) sore menyebabkan banjir yang merendam puluhan rumah.

Pantauan Harianjogja.com di lokasi kejadian, 14 rumah terendam banjir di Dusun Gadungsari Desa Wonosari. Bahkan salah satu rumah milik Sabar ambruk bagian dapur.

Advertisement

Kacang kedelai satu kwintal berikut alat mesin penggilingan tempe pun hanyut terbawa arus dari Sungai Besole Wonosari yang meluap sekitar pukul 17.30 WIB.

Sementara di Dusun Ringinsari, Desa Wonosari ada 7 rumah warga yang terendam di RT 04, dan lima rumah terendam di RT 03 RW 05. Sejumlah peralatan rumah dan pakaian pun terbawa arus.

“Banjir ini tidak disangka-sangka baru kali ini banjir sampai setinggi lebih dari 1 meter,” kata salah satu warga Ratno Edy.

Advertisement

Abud Ruslani, warga lainnya mengalami hal yang sama, sejumlah pakaian hilang terbawa. Saat itu dia sedang santai-santai di rumah bersama istri dan 4 anaknya ditengah hujan desar. “Air naiknya begitu cepat,” ucapnya.

Abud tidak lagi mempedulikan barang-barang yang ada di rumah. Dia membopong anak dan istrinya menuju rumah tetangganya di lokasi yang lebih tinggi. “Yang penting anak dan istri saya selamat,” kata dia.

Sementara di Dusun Baleharjo, Desa Baleharjo, dua rumah dan lima kendaraan truk terjebak karena terendam air setinggi 1,5 meter, tepatnya di Selatan Gedung Kesenian milik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Advertisement

Hingga pukul 19.20 WIB, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul masih berupaya mengevakuasi truk.

Selain rumah, sejumlah jalan raya juga terendam air seperti di jalan Wonosari Semanu dan Jalan Ringroad Barat, Desa Siraman.

Akibat kejadian ini, warga dievakuasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif