Entertainment
Senin, 9 Desember 2013 - 19:50 WIB

Bara Bere Milik Siti Badriah Plagiarisme?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Potongan adegan klip video Bara Bere milik Siti Badriah (Youtube.com)

Solopos.com, SOLO – Nama penyanyi Siti Badriah meledak begitu sederet foto syur mirip dirinya tersebar di dunia maya. Namun, sebelumnya, nama Siti Badriah sejatinya sudah tak asing bagi penggemar musik dangdut.

Penyanyi berusia 27 tahun tersebut bahkan terbilang kerap kali hadir di layar kaca Indonesia. Nama Siti Badriah melambung setelah ia menyanyikan lagu Bara Bere yang dirilisnya beberapa bulan yang lalu.

Advertisement

Lagu Bara Bere milik Siti Badriah berkisah tentang seorang wanita yang tengah kehabisan banyak barang kebutuhan sehari-hari. Ia kehabisan lipstik, sabun, bahkan juga pasta gigi. Harapannya, ia akan dibelikan barang-barang tersebut oleh pacarnya. Tetapi, apalah daya, asa yang ia tunggu-tunggu tak kunjung terwujud sebab pacarnya ternyata seorang yang pelit.

Bara Bere merupakan sebuah istilah yang diambil dari bahasa Sunda yang berarti seorang lelaki harus memiliki modal jika ingin berpacaran dengan seorang wanita. Liriknya terdengar cukup simple membuat lagu ini mudah diterima dari berbagai kalangan. Pada sebuah rekaman video Bara Bere milik Siti Badriah yang diunggah dua bulan lalu, saat dipantau Solopos.com, Senin (9/12/2013), telah mendapat 409.060 penonton.

Video tersebut juga telah menuai berbagai komentar dari pemilik akun di Youtube. Komentar datang dari pemilik akun sisca ajah yang mengatakan, “Bagus lagunya,bener bgt kalau cinta kudu bara bere,bukan boro boro.hahahaha.”

Advertisement

Pemilik akun khairool firdaus juga mengatakan hal serupa,”asikkk lanjut kan terus karir (Y).”

“i love this song,” kata pemilik akun firman syah yang juga menyukai lagu itu.

Di balik kesuksesan lagu Bara Bere itu, ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa Siti Badriah menjiplak lagu penyanyi asal Brazil Michael Telo dengan judul yang mirip, yakni Bara Bara Bere Bere. Musiknya pun terdengar tak jauh berbeda.

Advertisement

Siti Badriah sendiri menyebut pencipta lagu Bara Bere yang dinyanyikannya itu ialah Endang Raes. Tetapi pengakuan itu tak langsung membuat publik percaya. Beberapa komentar yang menyebutkan bahwa lagu tersebut memang hasil menyontek dari lagu populer asal Brazil diungkapkan oleh berapa pemilik akun:

Nifa Nada Nadya misalnya mengungkapkan, “GA BAGUS LAGU’A … -_- PLAGIAT.”

Pemilik akun Deni Hardiansyah juga menegatakan, “klw yg rame dari michel telo judul’a bara bere.”

Bara Bara Bere Bere merupakan lagu yang dibuat oleh Dorgival Dantas yang dirilis tahun 2008 lalu. Lagu berbahasa Portugal ini sangat populer di Negara Samba, Brazil. Begitu populernya lagu itu sampai-sampai dinyanyikan oleh tiga orang yang berbeda, yakni Alex Ferarri, Leo Rodriguez, dan Michel Telo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif