News
Minggu, 8 Desember 2013 - 09:15 WIB

KELANGKAAN ELPIJI SOLORAYA : Hiswana Migas: Kelangkaan Elpiji 3 Kg Segera Selesai

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya optimistis pekan ini kelangkaan elpiji 3 kg akan selesai. Pasalnya, pekan ini akan ada tambahan kuota 21.070 tabung.

Ketua Bidang Elpiji 3 Kg Hiswana Migas Soloraya, Budi Prasetyo, menuturkan pada Jumat (6/12/2013) sudah ada tambahan 50% dari alokasi harian atau sekitar 10.500 tabung. Kemudian akan digelontor lagi sebanyak 21.070 tabung yang dibagi menjadi tiga hari, yakni pada Selasa, Rabu, dan Jumat (10,11,13/12/2013).

Advertisement

“Penambahan tabung pekan depan [Selasa, Rabu, dan Jumat] itu sudah kami jadwalkan sejak awal. Kami sudah memprediksi akan ada kekurangan elpiji 3 kg di akhir tahun, tapi tidak sehebat ini,” ungkap Budi saat ditemui Solopos.com di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sekarpace, Sabtu (7/12/2013).

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com di lapangan, penambahan pengiriman tabung elpiji 3 kg pada Jumat lalu tidak berpengaruh banyak. Penyebabnya, kiriman tabung tersebut langsung ludes hanya dalam hitungan menit.

Oleh karena itu, Budi menuturkan pihaknya saat ini sedang mendata permasalahan di lapangan. Menurut dia, hal tersebut dilakukan supaya penyelesaian tidak instan hanya dengan extra dropping, tapi bagaimana agar hal serupa tidak lagi terjadi.

Advertisement

Budi menuturkan setiap pangkalan memiliki kontrak kerja dengan agen mengenai jumlah tabung yang dipasok setiap harinya. Apabila masih ada kekurangan, diperkirakan hal tersebut dipicu kurangnya jumlah pangkalan. Atau bisa juga karena kebanyakan pembeli bukan kalangan rumah tangga, melainkan pengecer. Kalangan rumah tangga pun menurut Budi tidak semuanya bisa menggunakan elpiji 3 kg karena elpiji tersebut diperuntukkan kalangan rumah tangga tertentu.

Oleh karena itu, Budi mengatakan pembeli yang selama ini dilayani pangkalan perlu dicek untuk memetakan masalah tersebut. Dia mengatakan dari dua pangkalan yang didatangi pada Sabtu pagi, keduanya lebih banyak melayani pengecer dari pada keperluan rumah tangga.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif