Sport
Sabtu, 7 Desember 2013 - 17:00 WIB

TIMNAS INDONESIA : Kembali Tangani Garuda, Riedl Ditarget Juarai AFF 2014

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA -PSSI akhirnya kembali menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior. Pelatih asal Austria itu diikat dengan kontrak selama tiga tahun dan ditarget membawa skuat Garuda, julukan Timnas, menyudahi paceklik juara di ajang Piala AFF 2014.

Dilansir laman berita Antara, konfirmasi Riedl menukangi timnas disampaikan langsung oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), La Nyalla Mattalitti, di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (7/12/2013), yang didasarkan rapat antara PSSI, BTN, dan Alfred Riedl, Jumat (6/12/2013).
“Kontrak telah ditandangani hari ini dengan durasi tiga tahun. Target tahun pertama adalah juara Piala AFF 2014. Jika sukses akan diperpanjang dua tahun lagi. Kalau tidak juara yang berhenti sampai situ (satu tahun),” kata La Nyalla Mattalitti.
Pelatih berusia 64 tahun ini sudah tidak asing lagi bagi pesepakbolaan nasional. Mantan pelatih Laos itu dinilai mampu membangkitkan semangat para pemain Timnas Indonesia yang sebelumnya terus terpuruk jika mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional.

Advertisement

Puncaknya pada Piala AFF 2010 di Jakarta. Meski hanya mampu membawa Timnas Garuda menjadi runner up, Riedl dinilai sukses dan telah membawa iklim yang menggairahkan terhadap persepakbolaan nasional.

Meski prestasinya dinilai cukup membanggakan, langkah Alfred Riedl terjegal ditengah jalan setelah ada perubahan kepengurusan induk sepak bola Indonesia dari tangan Nurdin Halid ke  Djohar Arifin Husin. Kasusnya bahkan sampai masuk ke CAS atau Pengadilan Arbitrasi Olahraga.

Setelah kubu La Nyalla Mattalitti kembali ke pengurusan PSSI, Riedl kembali mendapatkan angin segar dan akhirnya secara resmi menggantikan posisi Jacksen F Tiago sebagai pelatih Timnas Indonesia. Tunggakan gaji sebesar Rp1,3 miliar pun akhirnya diselesaikan.

Advertisement

“Masalah dengan Riedl sudah tidak ada. Semuanya telah terselesaikan secara kekeluargaan,” kata pria yang juga Wakil Ketua umum PSSI itu.

Dengan kontrak baru, Alfred Riedl langsung bergerak cepat dengan mempersiapkan program yang akan dijalankan selama 2014. Target pertama yang diusung oleh pelatih asal Austria itu adalah akan menebus kegagalan pada Piala AFF 2010 lalu.

Sementara itu Sekjen PSSI Joko Driyono mengatakan, tugas pertama Alfred Riedl selaku pelatih Timnas Indonesia senior adalah memantau langsung pertandingan SEA Games 2013 di Myanmar yang diikuti oleh Timnas Indonesia U-23.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif