News
Sabtu, 11 Mei 2024 - 18:40 WIB

Simak Jadwal dan Informasi Penting untuk Peserta UTBK 2024 Gelombang 2

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelaksanaan UTBK hari pertama di UPT TIK UNS Solo, Selasa (30/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 gelombang II untuk hari ke-1 hanya tinggal 3 hari lagi. Simak jadwal dan informasi penting untuk para peserta.

Sebagaimana berdasarkan jadwal, UTBK gelombang I dilaksanakan pada 30 April, dan 2-7 Mei 2024. Sementara untuk UTBK gelombang II akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024.

Advertisement

Perlu diketahui, UTBK adalah ujian yang diselenggarakan oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi untuk calon mahasiswa bisa masuk ke perguruan tinggi.

Adapun pelaksanaan UTBK gelombang I telah usai, dan bagi calon mahasiswa Indonesia yang telah melaksanakan UTBK gelombang I, hanya perlu menunggu hasilnya.

Advertisement

Adapun pelaksanaan UTBK gelombang I telah usai, dan bagi calon mahasiswa Indonesia yang telah melaksanakan UTBK gelombang I, hanya perlu menunggu hasilnya.

Selanjutnya, bagi peserta UTBK yang masih menunggu sesi ujian di gelombang II, disarankan untuk memeriksa kembali lokasi pusat UTBK, gelombang, hari, sesi dan seluruh persiapan lainnya untuk memantapkan diri.

Selain itu, peserta juga disarankan untuk tetap fokus, percaya pada diri sendiri dan berdoa untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Advertisement

1. Peserta membaca dengan saksama petunjuk pengerjaan ujian yang tersedia pada aplikasi ujian.

2. Peserta memasukkan Nomor Peserta dan PIN setelah memilih pilihan menu Mulai Ujian.

3. PIN ujian akan diberikan atau diinformasikan kepada peserta oleh Pengawas Ujian sesaat sebelum ujian dimulai.

Advertisement

4. Peserta mengecek kesesuaian identitas yang tampil di layar perangkat dan klik pernyataan “Setuju” sebelum memulai ujian.

5. Peserta mengikuti petunjuk atau aba-aba dari pengawas terkait waktu mulai ujian.

6. Peserta mengerjakan soal sesuai dengan lama waktu pengerjaan.

Advertisement

7. Peserta menjawab butir soal dengan cara memilih atau mengeklik opsi jawaban menggunakan mouse.  8. Peserta dapat mengubah pilihan jawaban dengan cara memilih atau mengeklik pilihan jawaban lain yang dianggap benar.

9. Jawaban peserta otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban yang terakhir.

10. Peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal di sisi kiri layar monitor.

11. Soal-soal yang belum dijawab ditandai dengan kotak warna Putih dan soal-soal yang sudah dikerjakan ditandai dengan kotak warna Biru.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “UTBK 2024 Gelombang 2, Cek Jadwal dan Informasi Penting Buat Peserta”

Advertisement
Kata Kunci : UTBK UTBK 2024
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif