Teknologi
Selasa, 3 Desember 2013 - 08:25 WIB

Diambil Alih Apkomindo, IT Mall akan Jadi Solo Computer Center

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - IT Mall CCP Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo akan mengambil alih pengelolaan Informasi dan Teknologi (IT) Mall Computer Center Point (CCP) Solo mulai Sabtu (21/12/2013). Sebanyak 53 stan yang merupakan anggota Apkomindo Solo siap meramaikan mal khusus produk IT tersebut.

Ketua Apkomindo Solo, Edi Purnomo, mengatakan tidak hanya anggota yang memiliki usaha besar yang masuk, tapi yang usahanya masih kecil pun bisa bergabung di IT Mall. Di IT Mall juga akan ada pedagang laptop dan komputer bekas.

Advertisement

“Setelah kami kelola nanti namanya menjadi Solo Computer Center (SCC). Untuk sementara, kami hanya mengelola lantai II dengan total kios dan stan 53 dan semuanya sudah terisi,” ungkap Edi kepada wartawan di IT Mall, Sabtu (30/11/2013).

Pemilihan pembukaan SCC dilakukan akhir bulan karena menunggu penyelenggaraan pameran komputer yang dilaksanakan pada Rabu-Minggu (4-8/11/2013). Oleh karena itu, masih ada beberapa kios dan stan yang belum terisi.

Dia mengatakan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan lantai apabila respons dari masyarakat bagus dan ada tambahan anggota yang ingin bergabung. Anggota Apkomindo Solo sekitar 108 pengusaha, tapi hanya setengahnya yang saat ini bergabung di IT Mall.

Advertisement

Setelah dikelola Apkomindo, Edi menuturkan akan mengumpulkan dana untuk promosi ke berbagai madia dan juga akan ada promo in store. Hal tersebut dilakukan untuk lebih menarik minat masyarakat ke IT Mall.

“IT Mall ini sebenarnya tidak sepi karena 95% orang yang datang pasti membeli. Oleh karena itu, tinggal pengelolaan saja supaya semakin banyak yang datang,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pengelolaan IT Mall tersebut tidak akan mempengaruhi pameran komputer, tapi akan saling mendukung dan selaras. Dia juga menyampaikan pameran komputer yang biasanya empat kali setahun hanya akan diselenggarakan tiga kali pada tahun depan. Namun Edi menampik pengelolaan IT Mall menjadi penyebab pengurangan frekuensi pameran.

Advertisement

“Tahun depan merupakan tahun politik, jadi pengurangan ini lebih karena adanya pesta demokrasi, bukan karena kami mengelola ini [IT Mall]. Tapi kalau untuk 2015 kami belum tahu, apakah kembali seperti semula atau hanya tiga kali pameran. Nanti keputusan ada di rapat kerja tahunan,” imbuh Edi.

Selain itu, Apkomindo juga berencana meluncurkan website www.apkomindosolo.org. Peluncuran website tersebut dilakukan setelah melihat semakin banyak yang bertransaksi komputer, laptop, dan aksesorisnya secara online. Edi menjelaskan website tersebut terkoneksi dengan website milik anggota Apkomindo. Oleh karena itu, hal ini sebagai salah satu bentuk pengembangan usaha sekaligus memberi kemudahan kepada pembeli.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif