Sport
Minggu, 1 Desember 2013 - 12:45 WIB

POMNAS 2013 : Jateng Kawinkan Emas Voli

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim voli putri Jateng merayakan kemenangan mereka setelah menundukkan DKI 3-2 dalam babak final voli lapangan Pomnas XIII DIY, Sabtu (30/11/2013). (JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

Harianjogja, SLEMAN-Jawa Tengah mendominasi cabang olahraga voli lapangan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XIII. Bermain di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sabtu (30/11/2013), tim voli putra dan putri Jateng sukses mengawinkan medali emas.

Di kelompok putra, tim voli Jateng berhasil menang tanpa kendala berarti ketika menghadapi Lampung. Mereka menyudahi laga tiga set langsung, 25-21, 25-22, 25-20.

Advertisement

Pertarungan putra Jateng di partai puncak ini dapat dikatakan antiklimaks. pasalnya di semifinal mereka harus bekerja keras melewati hadangan DIY dan sempat tertinggal sebelum berbalik menang. Menghadapi Lampung, Jateng mendominasi sejak set pertama. Skor mereka tak terkejar meski Lampung beberapa kali mencoba menyerang.

Pelatih voli putra Jateng Edi Siswoyo mengaku pihaknya sudah memprediksi kemenangan ini. Di atas kertas, tim Jateng lebih unggul daripada Lampung. “Lawan terberat di Pomnas adalah DIY. Di Pomnas sebelumnya kami harus berhadapan dengan mereka di final dan menang dengan selisih tipis, kali ini kami berhadapan di semifinal dan bersyukur bisa mempertahankan juara bertahan,” kata dia.

Sementara di kelompok putri, Jateng juga berhasil meraih juara setelah bertarung mati-matian menghadapi DKI Jakarta. sempat memimpin 1-0 dengan memenangi set pertama 25-23, putri Jateng justru kehilangan konsentrasi di dua set selanjutnya. Berkali-kali kesalahan mereka lakukan yang membuat DKI berbalik unggul 1-2.

Advertisement

Set keempat persaingan makin memanas. Memimpin hingga 23-20, Jateng kembali kehilangan irama permainan dan membuat DKI menyamakan skor 24-24. Setelahnya kedua tim saling bertukar poin hingga skor imbang 28-28. Jateng akhirnya mampu lolos dari kekalahan dan memaksakan set kelima setelah mengakhiri set panas 30-28.

Set terakhir angin pertandingan berubah drastis. Kali ini putri-putri Jateng tampil dominan dan memastikan medali emas dengan skor 25-7 di set terakhir.

Pelatih voli putri Jateng, Deddy Winata mengatakan pertandingan terakhir ini adalah pertandingan terberat yang mereka lakoni. Di babak-babak sebelumnya Jateng selalu berhasil menang tiga angka langsung tanpa balas. Tetapi kali ini mereka harus mengalami tekanan berat dari DKI. “Harus diakui permainan DKI luar biasa, kami sempat keteteran di set kedua dan ketiga, tetapi di set keempat kami memperbaiki receive dan blocking dan mampu mengatasi tekanan,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Tim DKI Tim Jateng Tim Voli
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif