News
Minggu, 1 Desember 2013 - 18:36 WIB

Jepang & Toyota Dukung Jokowi Urai Kemacetan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Yayasan Toyota Astra (YTA) dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta PT. Toyota Astra Motor mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengurai kemacetan di Jakarta. Komitmen mereka mendukung pemerintahan pimpinan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) itu diwujudkan dengan menyempurnakan infrastuktur dan manajemen lalu lintas di Simpang Mampang.

Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Shigeru Ushio menjelaskan setelah berkoordinasi dan melakukan riset mendalam bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta, ditemukan 30 titik simpul kemacetan di Jakarta. Simpang Mampang lalu disepakati sebagai pilot project upaya Jepang itu karena memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi dan dapat dilakukan dengan perbaikan minimal dengan hasil maksimal.

Advertisement

Riset dan rekayasa teknis dalam program ini, ungkapnya, dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA), sedangkan kontraktor, auditor, dan pengawasan dilakukan konsultan dari Indonesia. Program itu sebagian didanai oleh pemerintah Jepang, dan sisanya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia serta PT Toyota Astra Motor. Suplier dan diler mobil asal Negeri Sakura itu diharapkan dapat membantu mengurai kepadatan serta mengurangi panjangnya antrean kendaraan di persimpangan ber-traffic light Simpang Mampang menjadi lebih pendek.

Sebelumnya, kondisi arus lalu lintas Simpang Mampang merupakan lokasi yang padat dengan aktivitas masyarakat di sekitar lokasi yang sangat tinggi, sehingga antrean panjang kendaraan di Simpang Mampang terjadi sepanjang hari, tidak hanya pada waktu pagi hari saat masyarakat memulai aktivitasnya, maupun pada sore hari saat mereka selesai beraktivitas.

Dengan selesainya proyek percontohan untuk penyempurnaan infrastruktur dan manajemen lalu lintas di Simpang Mampang kali ini diharapkan akan menjadi rangsangan bagi semua pihak untuk bersama-sama melakukan tindakan nyata melakukan perubahan, sehingga menjadikan Jakarta lebih baik.

Advertisement

Sementara itu, Presiden Komisaris PT TMMIN dan PT TAM Hiroyuki Fukui menambahkan, Program ini merupakan salah satu perwujudan dari 4 pilar komitmen Toyota di Indonesia dalam bidang Corporate Social Responsibility, yaitu Traffic Safety. Komitmen ini sebagai salah satu bentuk niat Toyota untuk selalu turut serta bersama pemerintah dan masyarakat dalam rangka menekan tingkat kecelakaan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif