News
Minggu, 1 Desember 2013 - 22:32 WIB

HARI AIDS : Ahok Minta Tak Ragu Ingatkan Pakai Kondom

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Hari AIDS, Minggu (1/12/2013), menandai dimulainya Pekan Kondom Nasional hingga Sabtu (7/12/2013) mendatang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama pun mengingatkan warganya untuk tak malu mengingatkan penggunaan kondom.

Menurut dia, penggunaan kondom bukan mengajarkan untuk free sex tetapi lebih memiliki tujuan menghindari penularan AIDS. “Kalau mau debat panjang terkait bertentangan atau tidak dengan agama, itu tunggu di akhirat. Tidak usah malu mengingatkan pakai kondom agar terhindar dari penularan HIV/AIDS,” tutur pria yang akrab disapa Ahok itu.

Advertisement

Seruan itu dia sampaikan saat membuka puncak acara peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember 2013 di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta. Menurut laporan Liputan6.com, Ahok yang saat itu mengenakan kaus putih dengan kerah merah, menyelipkan bait lagu milik Titiek Puspa berjudul Kupu-Kupu Malam.

“Ada yang benci dirinya,” kata Ahok seraya mencoba meniru penyanyi aslinya.

Ia lalu mengingatkan, “Jangan jauhi orangnya (orang HIV) tapi jauhi virusnya”.

Advertisement

Tidak hanya itu, dengan senyum khasnya Ahok mengatakan tak perlu malu untuk mengingatkan penggunaan kondom. Menurutnya penggunaan kondom tersebut bukan semata mengajarkan untuk free sex tetapi lebih memiliki tujuan menghindari penularan AIDS.

Ia sempat pun mengingatkan dan meminta masyarakat Jakarta untuk menghindari seks sebelum menikah. Ahok sebagaimana dikutip laman Berita Jakarta, juga meminta setiap warga secara sukarela memeriksakan diri ke puskesmas, di samping menghindari seks sebelum menikah.

“Kalau tahu pencegahannya mudah. Takutnya kalau tidak tahu penularannya tidak sengaja dilakukan. Untuk remaja atau siswa SMP dan SMA, hindari melakukan seks sebelum menikah,” ujarnya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif