News
Minggu, 1 Desember 2013 - 03:12 WIB

BUKU JOKOWI : Staf Ahli Jokowi: Blusukan Bukan Rekayasa Media

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi, Gubernur DKI Jakarta (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO — Bisa jadi Jokowi saat ini menjadi orang terpopuler di Indonesia. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) itu beken dengan konsep blusukan. Hal itu terungkap saat peluncuran buku Mozaik Kepemimpinan Jokowi Dari Sudut Pandang Rakyat, di halaman Pasar Triwindu, kawasan Ngarsopuro, Solo, Sabtu (30/11/2013) malam.

Salah satu narasumber dalam peluncuran buku, Eko Sulistyo, yang juga staf ahli Jokowi, mengatakan  salah satu hal yang menjadikan berita mengenai Jokowi selalu dicari yakni karena kerjanya.

Advertisement

“Jadi ketika blusukan itu bukan rekayasa media, tapi memang kerjanya seperti itu. Dia juga selalu empati kepada semua orang miskin,” ungkap Eko.

Narasumber lain, salah satu ekonom Solo, Suharno, mengatakan dulu dia sempat apriori dengan program muluk-muluk yang direncanakan oleh Jokowi. Namun setelah dia mengetahui bagaimana Jokowi mewujudkan rencananya itu, dia kemudian berbalik menghormatinya.

“Jokowi bukan hanya konseptor yang baik, tapi dia juga eksekutor yang baik,” papar Suharno.

Advertisement

Prestasi yang membanggakan selama Solo dipimpin oleh Jokowi yakni pendirian Bank Solo. Bank yang dulu bernama bank daerah itu hanya memiliki aset Rp10 miliar per tahun. Namun di tangannya, aset bank bisa naik menjadi Rp60 miliar. Tahun depan, kata dia, Bank Solo rencananya akan mencatatkan aset hingga Rp80 miliar.

Sementara itu, pengamat politik, MT Arifin, mengatakan Jokowi bukan seperti pemimpin lain. Dia selalu berorientasi pada persoalan yang menonjol. Sedangkan pemimpin lain berorientasi job alias kerja. “Kalau ada pekerjaan, yang dipanggil kepala dinasnya. Tapi kalau Jokowi turun langsung ke masyarakat,” ujar dia.

Dalam sejarah Jawa, kata dia, hanya Prabu Mundo yang menjadi raja di kerajaan Medang Kemulan pada tahun 272-297. Pangeran Mundo, sambung dia, selalu terjun ke masyarakat.

Advertisement

“Saat itu Pangeran Mundo punya tim ahli yang diajak terjun langsung ke lapangan. Sama juga dengan Jokowi yang juga punya tim ahli untuk menyelesaikan masalah.+

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif