Soloraya
Sabtu, 30 November 2013 - 07:15 WIB

OPERASI ZEBRA 2013 : Jaring Pelanggar, Lokasi Operasi Nomaden

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, WONOGIRI–Demi tercipta disiplin pengguna jalan dan menjaring pelanggar, lokasi Operasi Zebra 2013 berpindah-pindah alias nomaden. Sebanyak 52 personel gabungan lintassatuan dilibatkan dalam operasi yang akan berakhir 11 Desember mendatang.

Selama operasi yang dimulai sejak 28 November ini, porsi penindakan lebih banyak dibanding porsi pembinaan dan penyadaran. Penegasan itu disampaikan Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Budiyono ditemui solopos.com, Jumat (29/11/2013), di kantornya.

Advertisement

Mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani, Kasatlantas menjelaskan, porsi preventif dan penjagaan masing-masing 10% sedangkan 80% merupakan penindakan penilangan atau teguran tertulis karena tujuan operasi untuk menciptakan kondisi Hari Natal dan Tahun Baru 2014 aman,” ujar Kasatlantas.

Lebih lanjut dijelaskannya, tujuan riil dari Operasi Zebra 2013 adalah menurunkan angka lakalantas.

“Kami berharap, pengguna jalan berpartisipasi dalam menaati ketentuan lalu lintas. Setiap operasi, tak hanya satuan lalu lintas yang ada namun juga satuan intelkam dan reskrim.”

Advertisement

Sasaran lain selama operasi, adalah pengemudi di bawah umur, pembalap liar, melawan arus lalin dan angkutan umum tidak layak jalan serta kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

”Juga kendaraan yang tak memenuhi ketentuan dalam menggunakan rotator dan sirine.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif