Lifestyle
Jumat, 29 November 2013 - 23:27 WIB

Mau Langsing? Jangan Ngemil Sebelum Makan Besar

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (theraddish.com)

Harianjogja.com-Banyak orang yang memilih ngemil empat jam sebelum waktu makan agar porsi makanan tak terlalu banyak. Namun, penelitian kali ini membuktikan bahwa ngemil sebelum makan tidak berefek untuk berat badan.

Seperti dilansir di situs Woman’s Health (27/11/2013), berdasarkan studi terbaru dari Drexel University yang diterbitkan di jurnal Appetite, orang yang tidak ngemil  empat jam sebelum makan ternyata mengambil porsi makanan dengan jumlah yang sama saat makan. Dibandingkan dengan orang yang ngemil empat jam sebelumnya.

Advertisement

Pada studi ini, peneliti membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama diberi protein shake sebagai camilan, dan kelompok yang kedua tidak diberi camilan apapun. Setelah empat jam berlalu, peneliti menyuruh dua kelompok tadi untuk langsung makan seperti biasa.

Hasilnya ditemukan bahwa kelompok yang tidak ngemil apapun ternyata tidak mengambil porsi makanan yang lebih besar. Dibanding dengan kelompok yang sudah ngemil protein shake sebelumnya.

Namun, dalam studi kali ini, peneliti masih harus terus melakukan uji coba karena tingkat kelaparan dan porsi makan yang dibutuhkan setiap orang itu berbeda-beda. Tubuh manusia pun ternyata lebih stabil dibanding yang dipikirkan.

Advertisement

Dengan kata lain, tanpa disadari tubuh akan terlatih untuk mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama dari waktu ke waktu terlepas dari apa yang dikonsumsi sebelum makan. Ini berarti rasa lapar tidak selalu menjadi patokan bahwa orang akan makan dengan porsi yang lebih banyak nantinya.

Tentu saja, keseimbangan dalam mengatur porsi satu kali makan menjadi hal yang lebih penting diperhatikan jika ingin menjaga berat badan bertambah.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif